Warga Abdya Temukan Beruang Madu yang Terkena Jerat Babi

Beruang madu yang terkena jeratan babi. (Dok. Warga)
--Ads--
loading...

Abdya (KANALACEH.COM) – Beruang madu yang terkena jerat warga di Desa Ladang Neubok, Kecamatan Jeumpa, Abdya terkulai lemas. Hewan itu diduga dijerat oleh warga Nias untuk berburu babi.

Seorang warga Desa Ladang Neubhok, Bashir, mengatakan temuan dua hewan dilindungi itu diketahui oleh warga saat sedang dalam perjalan pulang dari kebun yang kemudian dilaporkan kepada warga.

Setelah menerima laporan tersebut, sejumlah warga kemudian bergegas menuju lokasi untuk mengantisipasi agar tidak terjadi hal-hal tidak diinginkan. Sebab, paska temuan itu warga yang hendak ke kebun mengaku resah dan khawatir.

Ads

“Saat kami tiba ke lokasi dan melihat dua ekor beruang madu sudah terkena jerat atau perangkap. Kondisinya masih hidup, warga tidak berani mendekat karena ditakutkan mengamuk,” kata Bashir, Selasa (11/6).

Warga menduga, kata Bashir jerat mengenai hewan dilindungi itu adalah jerat dipasang oleh warga Nias yang sedang memburu babi di kawasan pegunungan Ladang Neubok.

“Temuan hewan ini baru pertama kali ditemukan oleh warga. Kami menduga jerat ini milik warga Nias yang sedang berburu babi. Warga sekitar juga sudah sempat menegur aktivitas mereka, namun tidak dihiraukan, katanya.

Bashir mengaku, masyarakat telah berulang kali menegur aktivitas warga Nias tersebut yang diketahui sedang berburu babi di kawasan desa mereka. Menurut Bashir, hewan ini bakalan diangkut apabila tidak diketahui oleh warga.

“Kami memprediksikan beruang ini bakalan diambil juga namun lebih dulu diketahui oleh warga. Karena kami tahu ini hewan dilindungi makanya warga langsung ke lokasi untuk mengamankan,” ungkapnya.

Atas temuan tersebut warga telah melaporkan ke pihak terkait untuk dapat segera dievakuasi. Sementara untuk warga Nias tersebut diketahui saat ini sudah meninggalkan desa mereka. [Rino Babarot]