Dirjen PAS Kecewa Terkait Kericuhan di Rutan Sigli

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Terkait kerusuhan di rutan lapas kelas II B Sigli, Kabupaten Pidie beberapa waktu lalu, Dirjen Permasyarakatan Kemenkumham, Sri Puguh Budi Utama mengaku kecewa terhadap petugas lapas.

Sri kecewa karena hanya persoalan kecil, yaitu pemindahan dispenser membuat warga binaan emosi dan membakar lapas.

“Ini sangat sepele, apakah harus itu terjadi. Kalau ada komunikasi efektif pasti tidak terjadi,” kata Sri saat menghadiri acara peresmian ruang layanan kunjungan di lapas kelas IIA Lambaro, Banda Aceh, Rabu (12/6).

Menurutnya, kebakaran terjadi di rutan Sigli disebabkan persoalan tidak berjalannya komunikasi dengan baik antara petugas lapas dan warga binaan. Dia berharap, peristiwa tersebut adalah untuk terakhir kalinya terjadi.

“Itu kejadian yang terakhir, mohon coba dilakukan komunikasi yang lebih efektif. Perlu pendekatan dengan mengefektifkan komunikasi antara petugas dengan warga binaan,” ucapnya.

Febomena kerusuhan Lapas di Aceh sudah terjadi beberapa kali. Oleh sebab itu, selain melakukan komunikasi dengan baik antara sipir dan warga binaan. Sri juga meminta agar mereka yang sedang menjalani masa hukuman untuk berkelakuan baik.

“Mereka juga diberikan pemahaman kalau jalani saja (hukuman) dengan baik supaya ada atensi dari pemerintah untuk bisa adanya percepatan mungkin mendapatkan remisi atau pembebasan bersyarat dan sebagainya,” ungkapnya. [Rino Babarot]

Related posts