PT SIM Wacanakan Harga Tiket Kapal Cepat di Sabang Naik

Sabang (KANALACEH.COM) – PT. Pelayaran Sakti Inti Makmur selaku operator kapal cepat yang melayani lintas Banda Aceh-Sabang berikan isyarat menaikkan harga tiket kapal.

Diketahui kenaikan harga tiket berdasarkan surat pemberitahuan PT. SIM nomor:059 PT Pel-SIM/ACH/VI/2019 tanggal 11 Juni 2019, yang ditujukan kepada Kepala Perhubungan Aceh setiap kelas akan dinaikan Rp 10 ribu untuk sekali penyeberangan.

Untuk harga per orang dewasa khusus VIP Rp 100 ribu menjadi Rp 110 ribu. Untuk harga tiket kelas Executive yang sebelumnya Rp 80 ribu naik menjadi Rp 90 ribu.

Ads

Khusus untuk warga lokal Sabang harga tiket masih sama , yaitu Rp 60 ribu dan untuk TNI/POLRI harga tiket untuk sekali penyeberangan Rp 50 ribu.

Pemberitahuan ini menuai kontroversi dari banyak pihak. Terutama bagi pengelola usaha travel, rental maupun wisatawan yang berkunjung ke Sabang.

Seperti seorang pemilik mobil rental Ardhi (39) mengatakan, sangat keberatan dengan naiknya harga tiket ini. Pasalnya naik harga tiket ini di pertengahan tahun para pemilik mobil rental ini, sudah terlanjur menetapkan harga sewa mobil rental berikut juga dengan harga tiket untuk pulang-pergi (PP) wisatawan.

Adhi mencontohkan, biasanya memberikan paket rental kepada wisatawan per harinya Rp 500 ribu, itu sudah termasuk upah supir, minyak mobil dan harga tiket kapal cepat. Dari harga tersebut pihaknya hanya mendapat Rp 50 ribu.

Tentunya kalau harga tiket kapal cepat naik pihak pemberi jasa pariwisata akan mengalami kerugian sebesar Rp 20 ribu untuk perjalanan pulang-pergi.

“Agak aneh memang, karena harga minyak tidak naik, tapi harga tiket kapal malah naik, padahal minyak yang digunakan oleh kapal tersebut adalah minyak bersubsidi, uang yang seharusnya dibelanjakan wisatawan disabang sudah habis duluan saat membeli tiket,”ujar Ardhi. [DA]

Ads