5 Tips Hindari Stres di Tempat Kerja

Ilustrasi.

(KANALACEH.COM) – Kesehatan mental adalah hal penting. Meski kondisi fisik dalam keadaan prima, penyakit bisa saja datang karena kondisi mental yang stres dan kelelahan.

Lingkungan kerja juga menjadi salah satu faktor yang menentukan kesehatan mental. Pekerjaan yang terlalu banyak dan rutinitas kerja yang monoton seringkali mendatangkan stres dan kelelahan emosional.

Nah, untuk meningkatkan kesehatan mental di tempat kerja, berikut triknya.

1.Berpatisipasi dalam kegiatan

Jika ada sesi yoga, aerobik atau meditasi, atau bahkan konferensi atau pembicaraan yang mengundang semua karyawan, pastikan kita berpartisipasi di dalamnya.

  1. Ini memang tampak seperti buang-buang waktu dan tak memiliki manfaat apa pun.

Tetapi, terlibat dalam pertemuan semacam itu tidak hanya dapat membawa perubahan pada lingkungan yang monoton dan beban kerja yang konstan. Hal ini juga dapat membantu kita lebih akrab dengan orang lain di kantor dan membuat stres berkurang.

Diskusikan kesehatan mental  Rekan kerja dan atasan juga harus waspada jika ada sesuatu yang menganggu kita di tempat kerja.

Jangan pernah ragu untuk mendiskusikan apa yang kita rasakan. Berdasarkan respons atasan, kita akan tahu langkah apa yang akan kita ambil selanjutnya. Kita akan menemukan cara untuk merasa kurang stres dan lebih positif.

3.Keseimbangan kehidupan kerja

Bagaimana pun, kehidupan pribadi dan pekerjaan harus berjalan seimbang. Hanya kita yang tahu langkah apa yang harus kita ambil untuk menyeimbangkan kehidupan pribadi dan profesional.

Jangan campur adukan kehidupan kerja dan kehidupan pribadi. Cobalah untuk tidak membawa pulang pekerjaan dan jangan membagi perhatian untuk pekerjaan dan keluarga. Keseimbangan kerja dan kehidupan pribadi akan membuat kita merasa menjadi pribadi yang lebih sukses.

4.Hindari gosip dan politik kantor

Ini mungkin jarang terjadi. Tetapi, kita harus melakukan langkah pencegahan agar tidak terlibat dengan dua hal ini. Cobalah untuk memandang sisi positif pada semua aspek yang ada di kantor.

Hal ini akan membuat beban terasa lebih ringan dan aura negatif di kantor berkurang. Baca juga: Tips Kesehatan Mental untuk Milenial yang Lelah

5.Hias ruang kerja

Sekecil apa pun ruang kerja kita, pasang beberapa pot tanaman mini, foto-foto orang-orang yang kita cintai, dan catatan positif atau motivasi di sana.

Ini adalah langkah kecil yang bisa membuat kita menyukai tempat kerja yang pada akhirnya, membantu meningkatkan kesehatan mental di tempat kerja. [Kompas]

Related posts