Abdya Jadi Tuan Rumah Expo Hewan Ternak

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Abdya, Nasruddin. (ist)

Blangpidie (KANALACEH.COM) – Untuk pertama kalinya Aceh Barat Daya (Abdya) ditunjuk sebagai tuan rumah Expo ternak se Provinsi Aceh, yang digelar di lapangan bola kaki Pulau Kayu, Kecamatan Susoh.

Pameran hewan ternak ini merupakan agenda Dinas Pertanian dalam rangkaian bulan bakti peternakan nasional.

“Abdya ditunjuk sebagai tuan rumah tingkat Provinsi Aceh ,” ungkap Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Abdya, Nasruddin, Jumat (14/6).

Nasruddin berharap dengan terselenggaranya acara bulan bakti peternakan Pronvinsi Aceh ini, bisa menjadi ajang mempererat tali silaturrahmi dan persaudaraan.

Untuk kategori kontes rincian perlombaannya yakni,

untuk kontes sapi, terbagi pada beberapa kelas, yakni kelas ekstrim bebas tahun dan kelas limosin (sapi 2 sampai 3 tahun), kelas simental, kelas brangus (2-3 tahun).

Selain itu juga ada kontes sapi Bali dan sapi Aceh. Demikian juga dengan Kontes kerbau, ada kelas ekstrim, kelas ekstrim ini khusus kerbau (jantan). Untuk kontes kuda, juga khusus jantan, begitu juga dengan kontes kambing PE (peternakan air tawar).

“Kita juga mengadakan kontes kicau burung. Untuk lomba ini bisa kita bilang lomba tingkat Nasional, sebab pesertanya bahkan dari pulau Jawa mencapai ratusan peserta. Nanti juga ada jalan santai berhadiah, itu ditanggal 12 Juli,” ujarnya.

Untuk warga Abdya, nantinya juga ada lomba ayam KUB. Lomba ini direncanakan satu kecamatan, dua yang tampil. Dua peserta ini diseleksi di kecamatan masing-masing.

“Kegiatannya tanggal 11-14 Juli 2019 ini atau bulan depan,” sebutnya.

Penyelenggaraan ini, kata Nasruddin, merupakan momentum yang sangat tepat sebagai upaya pembangunan dan peningkatan sektor peternakan di Provinsi Aceh.

“Nantinya ini tentu juga sebagai promosi Abdya dan mendongkrak ekonomi masyarajat Abdya. Selain itu juga agar masyarakat termotivasi untuk melakukan, perlindungan terhadap satwa,” sebutnya. [Jimi Pratama]

Related posts