Pembobol Kantor BSM di Lhokseumawe Diciduk Polisi

Pembobol bank Syariah Mandiri di Lhokseumawe. (ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Personel Kepolisian menciduk seorang tersangka pembobol kantor Bank Syariah Mandiri (BSM) PT. Arun, Muara Satu, Kota Lhokseumawe, Minggu (30/6).

Tersangka yang berinisial AS (35) ditangkap dirumahnya. Polisi mengamankan AS karena diduga menjadi dalang pembobolan kantor BSM dan mengambil berangkas yang berisi uang belasan juta.

Ditreskrimum Polda Aceh Kombes Pol Agus Sartijo menjelaskan, aksi itu berawal saat pelaku menggunakan sepeda motor milik temannya, sambil membawa kunci gembok dan satu pintu kaca ke kantor BSM.

Ads

Setelah berhasil membuka pintu, AS langsung mengambil kotak uang yang diletakkan di atas meja lalu kabur. Apalagi saat itu keadaan kantor tidak ada orang yang menjaga.

“Setelah mengambil cash box yang berisi uang tunai sebesar Rp 19 juta, selanjutnya AS pergi ke waduk Reklamasi Pusong Lhokseumawe untuk membuang kunci, cash box,” kata Agus dalam pesan tertulisnya, Minggu (20/6).

Bukan hanya itu, pelaku juga membuang barang bukti seperti gembok dan uang tak layak pakai ke dalam waduk. Sedangkan uang yang masih layak pakai digunakan untuk membayar hutang dan keperluan hidupnya.

“Uang itu dipergunakan untuk membayar hutang dan keperluan pribadi pelaku,” ujar Agus.

Barang bukti yang diamankan berupa dua gembok kantor BSM dan uang. Kini, AS telah diamankan di Polres Lhokseumawe dan terancam pasal 362 KUHpidana dengan ancaman penjara lima tahun. [Randi]

Ads