Aceh Culinary Festival 2019 Akan Digelar Pekan Ini

ILUSTRASI, Pengunjung Aceh Culiner Festival. (Dani Randi)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Perayaan kuliner Aceh terbesar akan digelar di Taman Sulthanah Safiatuddin, Banda Aceh mulai Jumat (5/7) ini. Event ini akan diikuti oleh ratusan pelaku industri kuliner yang datang dari seluruh penjuru Aceh.

Ratusan gerai makanan dari restoran hingga jajanan pinggir jalan, akan bisa Anda temukan di festival yang akan berlangsung selama tiga hari, dari tanggal 5-7 Juli 2019 ini.

Taman Sulthanah Safiatuddin akan disulap menjadi objek wisata kuliner yang menarik selama festival berlangsung. 23 replika rumah adat Aceh akan difungsikan, menjadi rumoh makan khas yang menampilkan berbagai menu otentik dari kabupaten/kota masing-masing. Mulai dari hidangan jamuan hingga ikon wisata kuliner daerah.

“TP-PKK masing-masing daerah dalam 1 bulan ini sudah mempersiapkan berbagai makanan khas daerah untuk ditampilkan di anjungan masing-masing di Taman Sulthanah Safiatuddin, saat festival berlangsung nanti,” kata Istri Plt. Gubernur Aceh, Dyah Erti Idawati dalam rapat koordinasi persiapan Aceh Culinary Festival 2019, melalui pesan tertulisnya, Senin (1/7).

Tidak hanya mengajak pengunjung untuk menyantap makanan, Aceh Culinary Festival 2019 juga menggelar berbagai acara menarik.

Sejumlah nama besar dalam industri kuliner Indonesia diagendakan akan mengisi acara dengan berbagai sesi seru. Ahli Kuliner Nusantara, William Wongso akan mengisi sesi masterclass. Demikian juga dengan Gastronomist Mandif Warokka, Chef Saeful Syaifuddin dan Chef Kurnia Aritonang dari Indonesian Chef Association. Michellin Star Chef Gai Lai Mitwichan dari Thailand dan Malaysian Homecooking Instructure, Nazlina Hussin dari Penang juga akan mengisi sesi masterclass.

Jangan lewatkan masterclass, kelas memasak yang akan menambah pengetahuan Anda tentang berbagai teknik memasak dari para ahli.

Untuk Anda yang tertarik dengan foodstyling pastikan Anda mengikuti workshop foodstyling bersama Mr. Puji Purnama, ahli penataan makanan yang karya-karyanya bisa Anda lihat di film kuliner Aruna dan Lidahnya. Photografer Roy Genggam akan ikut membagikan jurus-jurus terbaiknya saat memotret makanan dalam sesi workshop food photography.

Tidak hanya makanan, ahli racik minuman pun tidak ketinggalan akan ikut membagikan ilmunya dalam festival ini. Harisson Chandra, Juara Indonesia Brewers Cup, akan menampilkan teknik coffee brewing terbaiknya untuk Anda. Sementara itu Arey Baker akan memperkenalkan profesinya sebagai mixologist untuk anda yang tertarik dengan berbagai racikan minuman.

Untuk kalangan muda penyuka food vlogging, panitia telah menyiapkan Arie dan Miko dari Froyonion yang siap berbagi tips untuk membuat konten kuliner yang keren.

Untuk pegiat food writing, ada Ade Putri Paramadita yang akan menunjukkan kepiawaiannya bercerita dan menulis tentang makanan dalam workshop food writing and storytelling.

Tidak hanya itu berbagai konten hiburan juga telah disiapkan. Mulai dari pemilihan duta makan hingga pagelaran khanduri (makan gratis) nasi khas Aceh, bu prang dan bu minyeuk. Sambil menyantap berbagai hidangan lezat, anda pun bisa menikmati pertunjukan musik yang beragam. [Randi/rel]

Related posts