Pemko Subulussalam Kirim Penderita ODGJ ke RSJ Tapak Tuan

(Kanal Aceh/Satria Tumangger)
--Ads--
loading...

Subulussalam (KANALACEH.COM) – Pemerintah Kota Subulussalam melalui Dinas Sosial dan pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Subulussalam, akan mengirim Penderita Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) ke RSJ Tapak Tuan, Kamis (11/7).

Kepala Dinas Sosial, Sanusi mengatakan penderita ODGJ ini sudah tiga kali di rujuk ke RSJ. Namun karena kemanusiaan, Pemerintah tetap mendampingi.

Baca: Resahkan Warga Subulussalam, Penderita ODGJ Pecahkan Kaca Mobil Warga

Ads

“Kita sudah koordinasi kepada kepala desa Muara Batu-batu, dinas kesehatan dan pihak RSUD, supaya hari ini juga bisa kita rujuk ke RSJ Tapak Tuan atau Banda Aceh, staf kita akan mendampingi, kepedulian pemerintah sudah maksimal kepada penderita ini, tinggal lagi bagaimana perhatian keluarganya,” kata Sanusi di Ruang IGD RSUD Subulussalam.

Dikonfirmasi kepada Kabid Pelayanan Medik RSUD Subulussalam Dr Sari di Ruangannya, juga mengaku sudah berkomunikasi dengan pihak BPJS dan secepatnya penderita akan dibawa ke RSJ Tapak Tuan, Aceh Selatan.

“Pasien ini akan kita rujuk ke RSJ terdekat yaitu Tapak Tuan, tadi saya sudah berkomunikasi dengan pihak BPJS, ini sedang mengurus berkasnya, secepatnya akan kita berangkatkan,” kata Sari.

“Masalah ini memang agak sedikit rumit, karena pasien ODGJ seperti ini tidak selamanya bisa dirawat di RSJ, ketika sipasien sudah dinyatakan stabil, selanjutnya itu menjadi tugas dan tanggungjawab keluarga untuk meneruskan terapinya, jika tidak diteruskan, sipasien akan kumat lagi” tambahnya.

Ia berharap kepada saudara penderita agar rutin untuk memberikan obat, sehingga pasien bisa stabil. [Satria Tumangger]

Ads