Sejarah Perkembangan Internet Dunia dari Tahun ke Tahun

Ilustrasi.

(KANALACEH.COM) – Saat ini hampir semua orang dari penjuru dunia menggunakan akses internet untuk keperluan sehari-hari.

Akses internet sangat membantu dalam menjalankan aktifitas manusia. Dengan adanya akses internet, kegiatan manusia jadi lebih mudah.

Walaupun semua orang sudah menggunakan internet, namun masih ada sebagian besar orang yang belum tahu tentang sejarah dari perkembangan internet.

Ads

Bagi yang penasaran dengan sejarah dari perkembangan internet, berikut adalah beberapa penjelasan tentang sejarah perkembangan internet di dunia dari tahun ke tahun

  1. Tahun 1958

Perlu diketahui bahwa pada tahun 1958 Amerika Serikat membentuk sebuah teknologi canggih bernama ARPA (The Advanced Research Project Agency). ARPA mempunyai sebuah misi yaitu untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi di Amerika Serikat. Teknologi ARPA ini merupakan bagian dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat.

  1. Tahun 1961 – 1964

Sepuluh tahun kemudian, teknologi ARPA membentuk sebuah teknologi yang lebih canggih lagi yaitu ARPANET. Tekonologi ARPANET ini dapat digunakan untuk mentransmisikan data dalam jumlah atau porsi kecil. Seiring berjalannya waktu, teknologi ARPANET ini dapat digunakan untuk transfer data dalam suatu jaringan komputer.

  1. Tahun 1965 – 1967

Sejarah perkembangan internet di dunia pada tahun 1965 ini adalah munculnya sebuah teknologi yang dapat menghubungkan dua buah computer yang berjarak jauh. Untuk pertama kalinya Lawrence G Robert dan Thimas Meril menghubungkan 2 buah komputer yang terletak di California dan di Massachusetts dengan menggunakan kabel telepon.

  1. Tahun 1970 – 1972

Pada tahun 1970, S. Crocker memimpin sebuah kelompok untuk melakukan sebuah penelitian jaringan. Kelompok tersebut berhasil menyelesaikan proyek Host-to-Host yang merupakan sebuah protokol ARPANET pertama.

Kemudian protokol tersebut kemudian diberi nama NCP (Network Control Protokol) yang dapat digunakan oleh para pengguna untuk mengembangkan berbagai macam aplikasi.

Tahun 1971 merupakan tahun dimana terbentuknya sebuah sejarah perkembangan internet di dunia. Hal tersebut dikarenakan, pada tahun 1971 sudah terbentuk sistem surat menyurat secara elektronik. Seorang programmer komputer bernama Ray Tomlinson merupakan orang yang pertama kali mengirimkan e-mail.

  1. Tahun 1974

Perlu diketahui bahwa istilah internet pertama kali dipopulerkan oleh Bob Kahn dan Vint Cerf. Istilah tersebut kemudian digunakan untuk menggambarkan sebuah jaringan komputer. Dengan itu maka Bob Kahn dan Vint Cerf dikenal sebagai Bapak Internet Dunia.

Sejarah perkembangan internet yang sangat berpengaruh dalam perkembangan teknologi dunia juga terjadi pada tahun 1974. Pada tahun 1974 ini terdapat koalisi Bolt, Beranet dan Newman (BBN) yang kemudian menjadi kontraktor untuk ARPANET.

Setelah itu munculah Telenet dari ARPANET, dimana Telenet ini dapat melayani paket data untuk pertama kalinya secara publik.

  1. Tahun 1976 – 1979

Perlu diketahui bahwa pada tahun 1976 merupakan tahun yang sangat bersejarah dalam perkembangan internet. Hal tersebut dikarenakan, jaringan LAN diciptakan pada tahun 1976.

Selain itu, pada tahun 1976, Ratu Elizabeth II juga mengirimkan sebuah surat elektronik atau email untuk pertama kalinya menggunakan jaringan internet.

Setelah itu tepatnya pada tahun 1977 terciptalah sebuah jaringan yang terdiri dari 111 komputer yang tergabung menjadi satu di dalam ARPANET.

Dua tahun kemudian, yakni pada tahun 1979, terciptalah Usenet yang berfungsi untuk menyiarkan sebuah berita dan grup diskusi.

  1. Tahun 1982 – 1983

Sejarah perkembangan internet dunia pada tahun 1982 adalah terbentuknya bahasa komunikasi dasar protokol internet yang kemudian dikenal dengan sebutan TCP/IP.

TCP/IP adalah kepanjangan dari Transmission Control Protokol / Internet Protokol yang merupakan gabungan protokol yang digunakan untuk mengatur komunikasi sebuah data.

Setelah itu TCP/IP dikembangkan agar dapat membentuk sebuah jaringan yang lebih luas yaitu WAN (Wide Area Network). Pada tahun 1983, terciptalah sebuah Domain Name System (DNS) seperti .edu, .com, .org, .gov, .net, .mil dan .int.

  1. Tahun 1991 – 1992

Pada tahun 1991 muncul istilah WWW yang merupakan kepanjangan dari World Wide Web.Istilah tersebut muncul karena pada saat itu sudah tercipta sebuah teknologi Hypertext.

Perlu diketahui bahwa pada tahun 1991, sebuah virus komputer mulai didistribusikan melalui internet. Kemudian data berupa audio dan video dapat didistribusikan melalui internet dan untuk pertama kalinya dilakukan pada tahun 1992.

  1. Tahun 1994

Perlu diketahui bahwa pada tahun 1994 terbentuk sebuah sejarah perkembangan internet yang sangat berpengaruh dalam dunia bisnis. Pada tahun 1994, terciptalah sebuah toko online seperti Amazon.com, eBay dan Craiglist.

  1. Tahun 2004 – 2010

Munculnya era sosial media yang terjai di tahun 2004 membuat komunikasi menjadi lebih lancar dan cepat. Hal tersebut ditandai dengan adanya kemunculan sebuah sosial media yang bernama Facebook.  Facebook merupakan sisal media yang masih populer hingga saat ini.

Kemudian pada tahun 2005 muncul sebuah website penyedia berbagai macam video yaitu Youtube. Pada tahun 2006 juga muncul sebuah sosial media yang tak kalah populer yakni twitter. Setelah itu pada tahun 2010 muncul sebuah sosial media untuk berbagi foto yaitu Path, Instagram dan Pinterest.

Itu tadi merupakan beberapa penjelasan tentang sejarah perkembangan internet di dunia dari tahun ke tahun.

Jadi dengan adanya internet ini, kegiatan manusia jadi lebih mudah dan cepat. Selain itu internet juga dapat mempermudah komunikasi jarak jauh. [VIVA]

Ads