26 C
Banda Aceh

Seminggu di Amerika, Plt Gubernur Pelajari Strategi Penanganan Kebakaran Hutan

Headline

- Advertisement -PHP Dev Cloud Hosting

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Pelaksana Tugas (PLT) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah saat ini berada di Amerika (USA) untuk mencari solusi soal kebakaran hutan yang kerap melanda Aceh.

Juru Bicara Pemerintah Aceh, Saifullah Abdul Gani, membenarkan bahwa Plt Gubernur melakukan kunjungan kerja ke Amerika selama tujuh hari dengan beberapa agenda, salah satunya mempelajari tentang strategi penanganan kebakaran hutan.

“Pak PLT saat ini sedang di Amerika, beliau berangkat sejak Sabtu (20/7) dan di sana hanya sampai (27/7). Agendanya mempelajari soal strategi penanganan kebakaran hutan,  dimana kebakaran di Aceh akhir-akhir ini kerap terjadi dan terus meluas,” kata Saifullah, Selasa (23/7).

- Advertisement -

Selain mempelajari soal penanganan kebakaran hutan, di Amerika Nova juga ingin mengetahui langsung bagaimana negeri pamansam menangani masalah pengelolaan perhutanan sosial/hutan adat.

“Agenda-agenda itu dipelajari terutama paling urgent adalah berkaitan dengan kebakaran hutan,” ujar Saifullah.

Menanggapi persoalan izin sesuai dengan surat edaran Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo berupa Standar Operasional Prosedur (SOP) pengajuan permohonan izin dinas ke Luar Negeri. Kata Saifullah, PLT Gubernur Aceh telah mengantongi izin tersebut.

“Sudah melaporkan ke Kemendagri, sudah ada izin, kalau tidak ya tidak bisa.  Gubernurkan harus ada izin, karena ini atas izin Kemendagri beliau ke sana,” pungkasnya.

Hal sama juga diutarakan Wiratmadinata, Staff Khusus sekaligus Jurubicara Pemerintah Aceh. Kata dia, kunker ke luar negeri itu sudah dijadwalkan sejak lama. Agenda tersebut merupakan kelanjutan program “Aceh Green” yang gencar dilaksanakan Pemerintah Aceh.

Selama di Amerika, Plt Gubernur Aceh memiliki tujuan termasuk mempelajari pengelolaan hutan, agar dapat memperkuat Perhutanan Sosial/Hutan Adat, termasuk mengetahui secara langsung bagaimana Amerika melakukan penanggulangan kebakaran hutan mereka.

“Ini masalah krusial yang sedang Kita hadapi. Ini semua juga penting bagi rakyat Aceh, dan penting juga dalam kaitannya untuk mensukseskan visi-misi gubernur dan wakil gubernur terkait pengelolaan hutan Aceh,” katanya.

Berkaitan dengan Izin, Wira menegaskan Plt telah mendapatkan izin untuk melakukan kunker ke luar negeri sesuai dengan aturan dan prosedur yang berlaku.

“Tentu saja mengantongi izin.Pak Plt Nova Iriansyah tidak pernah  melakukan Kunker ke Luar Negeri tanpa izin. Beliau sangat taat asas, taat hukum, disiplin dalam soal regulasi,” pungkasnya. [Rino Babarot]

Berita Terkait

Cloud Hosting Indonesia

Trending

Berita Terbaru