Viral! Bus yang Angkut Wisatawan Malaysia di Banda Aceh Dihadang

(screenshot)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Sekelompok orang yang mengatasnamakan Indonesia Tourist Guide Association menghadang bus yang mengangkut puluhan wisatawan asal Malaysia.

Kejadian itu terjadi pada Minggu, 28 Juli 2019 lalu. Tempat penghadangan itu di seputaran PLTD Kapal Apung, Banda Aceh.

Dari video yang beredar di media sosial, seorang yang mengaku dari Indonesia Tourist Guide Association langsung naik dan masuk ke dalam bus. Lalu menanyakan siapa tour leader (pendamping) dari rombongan tersebut ke seorang wisatawan yang saat itu duduk di bangku paling depan.

“TL (tour leadernya) mana? Gaetnya mana? Jadi ini tidak pakai gaet?,” kata sesorang yang masuk ke dalam bus tersebut.

Ia juga mempertanyakan berulang kali soal guide kepada turis Malaysia. Namun, wisatawan yang ada di dalam bus itu mengatakan, pihaknya hanya datang ke Aceh untuk berwisata.

Penghadang bus tersebut lantas mengatakan jika di Indonesia ada peraturan yang mengatur tentang masuknya wisatawan. Ia juga mempertanyakan kepada turis Malaysia itu, bagaiamana mereka dapat info destinasi wisata tanpa guide atau tour leader (Pembimbing).

“Mohon maaf kami bukan mau menghadang, di Indonesia ada peraturan Kami bukan mau marah bagaimana pakcik bisa dapat info seperti ini,” kata seseorang itu sambil menunjuk destinasi yang dekat wilayah tersebut. [Randi]

Related posts