SMAN 1 Matangkuli mengadakan seminar pembentukan karakter remaja

SMAN 1 Matangkuli mengadakan seminar pembentukan karakter remaja

Aceh Utara (KANALACEH.COM) – Sebagai ajang motivasi dan semangat generasi millenial, khususnya siswa-siswi di sekitar SMAN 1 Matangkuli. Pengurus PIK R Golden Generation SMAN 1 Matangkuli mengadakan kegiatan seminar motivasi remaja, bertajuk “Pembentukan Karakter Remaja Aceh ke Arah yang lebih Positif, guna mewujudkan generasi remaja yang bersyariah, produktif, dan inovatif.” Kamis, (01/08/2019) di Aula SMAN 1 Matangkuli.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua IGI Aceh Utara Qusthalani, S.Pd.M.Pd dan Duta Genre Aceh Tahun 2018 As Shifa Salsabil yang menjadi Narasumber pada acara seminar ini. Seminar Motivasi Remaja ini dihadiri oleh 150 peserta yang diikuti beberapa perwakilan organisasi sekolah yang ada di seputar kecamatan Matangkuli. Perwakilan Sekolah yang ikut menghadiri kegiatan ini adalah Sekolah SMAN 1 Tanah Luas, MAN 4 Aceh Utara, SMPN 1 Matangkuli, SMP Persineg 2 Matangkuli dan Mtsn Aceh Utara. Selain itu juga diikuti oleh organisasi lokal yang ada di SMAN 1 Matangkuli.

Seminar Motivasi Remaja PIK-R G2 secara resmi dibuka oleh Waka Kesiswaan SMAN 1 Matangkuli Faisal Rizal, SE.S.Pd dan ditutup langsung oleh Kepala Sekolah SMAN 1 Matangkuli Drs. Ridwan, M.SM. Dalam sambutannya, kepala sekolah mengajak para remaja khususnya yang ada di seputar kecamatan Matangkuli untuk bergabung dalam organisasi, baik yang ada di sekolah maupun luar sekolah.

Ads

“Silahkan para siswa(i) ini bergabung dalam organisasi manapun, tidak ada batas remaja sekarang untuk berkarya, yang penting kuncinya adalah disiplin, usaha dan prestasi. Karena pengalaman dalam organisasi ini sangat berguna bagi masa kalian, termasuk sertifikat-sertifikat prestasi yang kalian pegang sekarang akan sangat bermanfaat saat kalian sekolah ke jenjang yang lebih tinggi nantinya.” Seru kepala sekolah dalam sambutannya.

Materi yang disampaikan dalam kegiatan seminar ini adalah seputar perkembangan dan permasalahan remaja. Banyak remaja hari ini yang tidak tahu arah hidupnya, sehingga mereka butuh petunjuk dan motivasi untuk mengarungi perjalanan hidup yang lebih baik. Seperti yang disampaikan oleh ketua IGI Aceh Utara dalam materinya.

“Setiap insan manusia ingin menjadi sosok yang dewasa, kreatif, mandiri, inovatif dan beryariah. Namun tidaklah semudah membalikkan telapak tangan untuk meraihnya. Diperlukan semangat dan motivasi yang kuat.” Ucap ketua IGI Aceh Utara dalam materinya.

Seminar Motivasi Remaja merupakan salah satu program utama dalam organisasi PIK-R Golden Generation yang bertujuan untuk membentuk karakter remaja Aceh menjadi lebih baik. Disamping itu, kegiatan seminar ini juga memiliki tujuan untuk mempersatukan para remaja Aceh, Khususnya remaja Matangkuli dalam wadah organisasi.

“Seminar Motivasi Remaja yang dikemas dan dikonsep dengan rangkaian acara kekinian dan kreativitas generasi milenial ini bisa menjadi wadah para remaja untuk berkreasi dan menumpahkan semua bakat yang ada pada dirinya,” kata Ketua PIK-R Golden Generation, Akbar Miswari dalam rilis yang diterima, Kamis (1/8).

Ia menyebutkan, Seminar Motivasi Remaja 2019 dihadiri oleh pimpinan-pimpinan organisasi siswa di seputar Matangkuli. Kegiatan ini bisa menjadi wadah untuk mempererat tali silaturrahmi antar satu organisasi dengan organisasi lainnya. “Kita para pengurus organisasi sekolah yang ada di pelosok ini harus bersatu dan berkerja sama. Karena dengan persatuan yang kita miliki bisa membentuk kekuatan baru yang dapat menghadapi apapum tantangannya. Semangat kita orang yang beroraganisasi adalah semangat rugi, bukan semangat laba. Tapi kerugian kita hari ini akan tergantikan esok hari oleh keuntungan yang berlipat ganda. Oleh karena itu, mari kita satukan langkah, seragamkan gerak untuk mewujudkan impian kita sebagai remaja yang tangguh dan kuat,” Seru Akbar, Waka 1 Duta Genre Aceh Tahun 2018. (REL/HSN)

Ads