150 Peserta Ikuti Pelatihan Seni Budaya di Aceh Tenggara

(Kanal Aceh/Seh Amin)
--Ads--
loading...

Kutacane (KANALACEH.COM) – Sebanyak 150 orang peserta mengikuti pelatihan seni dan budaya lokal yang di selenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Aceh Tenggara (Agara) di Gedung P3G komplek Babussalam Kutacane, Agara, Kamis (29/8).

Peserta tersebut terdiri dari, anggota Majelis Adat Aceh (MAA) Agara, tokoh adat, para seniman lokal, guru pengajar dari SD, SMP, Pegiat seni sanggar.

Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Tenggara, Andin, mengatakan kegiatan itu berlangsung selama tiga hari.  Sebelumnya pelatihan ini dibuka oleh Kepala Dikbud Agara, Bakhri Syahputra yang diwakili oleh kasi Pendidikan Dasar (Dikdas), M.Ridho,

Ads

Kegiatan ini bertujuan untuk menggali potensi seni dan budaya Alas yang ada di Kabupaten Aceh Tenggara.

Muatan lokal ini nantinya akan dijadikan sebagai muatan lokal, khususnya bagi anak didik SD, SMP. Hal ini mengingat selama ini  banyak terjadi pergeseran nilai seni dan budaya alas di Bumi Sepakat Segenep Metuah Kutacane.

“Melalui dinas pendidikan berupaya menerapkan kembali nilai-nilai seni dan budaya adat sejak dini di didik, khususnya mulai tingkat SD dan SMP. Diharapkan kelak dapat dijadikan sebagai pedoman dalam tatatan kehidupan sehari hari ditengah masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Kasirin Sekedang Wakil ketua MAA Agara, menyambut positif kegiatan yang diselenggarakan Dikbud setempat. Terkait penggalian nilai seni dan budaya lokal. [Seh Amin]