BKSDA Identifikasi Tol Sigli-Banda Aceh yang Punya Underpass untuk Gajah

(dok. Hutama Karya)
--Ads--
loading...

Banda Aceh (KANALACEH.COM) –  Ruas jalan tol Sigli-Banda Aceh sepanjang 74 km tidak hanya dialokasikan bagi pengguna kendaraan roda empat saja, tapi juga terdapat perlintasan gajah berbentuk underpass. Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh menyambut gembira pembangunan terowongan tersebut.

“Kami sedang identifikasi apakah melintasi jalur gajah, kalau iya di mana titiknya. Nanti rencana kami akan bersurat ke pihak PU. Yang pasti kami menyambut gembira kepedulian dari PT Hutama Karya (HK) sebagai kontraktor,” kata Kepala BKSDA Aceh Sapto Aji Prabowo seperti dilansir laman detik.com, Sabtu (14/9).

Menurutnya, staf BKSDA dulu memang pernah memberikan masukan saat masih pembahasan soal Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal). Namun waktu itu titik perlintasan gajah belum dipastikan.

Ads

“Syukur kalau HK sudah identifikasi ya. Nanti kami koordinasi lebih lanjut,” jelas Sapto.

Pihak Hutama Karya menyebut untuk ruas Sigli-Banda Aceh underpass perlintasan gajah akan dibangun di seksi 1 yaitu antara Lembah Selawah dan Padang Tiji. Menurut Sapto, kawasan itu memang jalur perlintasan gajah.

Sapto juga mendukung pembuatan underpass sehingga jalur perlintasan gajah tersebut tidak terputus. Dengan adanya terowongan, gajah juga aman saat melintasi kawasan tol.

“Kalau masalah perburuan dan lain-lain di manapun orang bisa lakukan kan, wong banyak turun ke sawah juga,” bebernya.

Seperti diketahui, pembangunan jalan tol Trans Sumatera terus dikebut. Di antaranya ada ruas Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 km dan Sigli-Banda Aceh 74 km. Kedua ruas tersebut akan melintasi habitat gajah.

Kendati harus melintasi jalur gajah, Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya (Persero) Muhammad Fauzan mengatakan pihaknya menaruh perhatian penting demi terselamatkannya habitat gajah meski ada jalan tol.

“Kami sangat memperhatikan keberlangsungan ekosistem di sekitar proyek tol yang sedang kami bangun salah satunya adalah habitat dari gajah. Saat ini kami sudah membangun perlintasan gajah yang ada di ruas tol Pekanbaru-Dumai. Sedangkan untuk di ruas tol Sigli-Banda Aceh masih dalam proses desain,” kata Fauzan dalam keterangan tertulis, Sabtu (14/9). []