Sensasi Menyeruput Kopi Sanger Durian

Kopi Sanger Durian. (Foto: Dani Randi)
--Ads--
loading...

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Sudah pernah mencicipi kopi campur durian? mungkin di coffee shop berbagai daerah sudah banyak menyajikan minuman ini. Bahkan menjadi sajian khas di sejumlah tempat.

Jika biasanya kopi dan durian disajikan dengan cara yang terpisah. Di Aceh, ada pilihan lain yaitu kopi di mix dengan durian. Secara aroma dan rasa, ketika lidah mulai mencecap, rasa durian terasa kuat.

Warung kopi House Of Coffee (HOCO) yang terletak di Kawasan Lampineung, Banda Aceh, menemukan varian baru sajian kopi, yaitu kopi sanger durian. Penyajian kopi ini berbeda dengan kopi durian lainnya. Minuman ini merupakan hasil dari perpaduan kopi khas tanah Gayo Aceh dengan buah durian yang rasanya menggoda.

Ads

Tentu kopi sanger yang menjadi khas dari Aceh, dicampur dengan durian dengan penyajian secara dingin. Saat mencicipi minuman kopi sanger durian ini, aroma buah durian terhirup cukup harum. Wanginya seperti sedang menikmati pilihan buah dengan khas berkulit tajam ini.

Aroma durian yang cukup menyengat membuat sensasi yang berbeda bagi penikmat kopi. Bentuk teksturnya yang lembut dan rasa pahit kopinya masih cukup terasa di lidah.

Selintas kopi sanger durian ini mirip seperti jus. Karena racikannya terbuat dari  kopi espresso tambah susu setalah itu tambah durian, lalu kesemua bahan tersebut di blender.

Owner Hoco, Meriza Akbar menyebutkan, kopi sanger durian ini menjadi khas di coffee shop miliknya. Sejak dua bulan lalu di buka, kopi sanger durian menjadi menu andalan dan diburu para penikmat kopi sanger.

Sejauh ini, kata dia, kopi sanger hanya disajikan lewat kopi tambah sedikit susu. Tentu, penikmat sanger membutuhkan varian baru. “Dan kita coba mix dengan durian, ternyata banyak yang suka,” ujar Akbar beberapa waktu lalu.

Ide itu berawal saat ia dan rekannya, sering mengkonsumsi kopi hitam dan durian. Setelah itu, ia mencoba untuk membuat varian baru. Kali ini, bukan dengan kopi hitam, melainkan dengan kopi sanger.

Pertama kali memperkenalkan kopi sanger durian, kata dia, respon pengunjung cukup baik. Banyak dikalangan milenial yang suka. Apalagi disajikan dalam keadaan dingin. Yang terpenting kata dia, takaran kopi dan duriannya harus pas. Kemudian, duriannya harus yang masih segar. “Jika tidak pas, akan eneg, harus seimbang,” sebutnya.

Minuman kopi sanger durian ini menambah khazanah kuliner Aceh. Untuk satu porsi ice kopi sanger durian dibandrol dengan harga terjangkau Rp 22 ribu. Namun, anda juga bisa menikmati minuman lainnya di Hoco Cafe, seperti ice sanger cheese, ice Hoco latte dan Hoco wine yang menjadi minuman favorit di cafe ini. [Randi]

Ads