Sidak di Kemenag Aceh Tenggara, Kabag TU: Absensi Kehadiran Jangan Diolah

(IST)

Aceh Tenggara (KANALACEH.COM) – Kepala Bagian Tata Usaha Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Saifuddin, ingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Agama harus disiplin dan masuk kantor tidak main kucing-kucingan, setelah absen hilang.

“Masuk Kantor jangan Akal akalan, harus jujur, absensi kehadiran jangan di olah. Sesuai dengan Peraturan Pemerintah nomor 53 Tahun 2010, bahwa dalam melaksanakan tugas ASN harus memenuhi jam kerja dengan durasi waktu selama 7.5 jam perhari.  Jika tidak terpenuhi, maka Kepala Kantor Kementerian Agama wajib memberikan teguran terhadap ASN tersebut,” ujar Saifuddin saat melakukan pertemuan dengan ASN di lingkungan Kankemenag Aceh Tenggara.

Kepada ASN Kemenag Agara, kata dia untuk fokus peningkatan kinerja dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, apalagi hari ini tunjangan kinerja Kementerian Agama sudah besar, maka harus diimbangi dengan peningkatan kinerja.

“Kembali ke regulasi, hati-hati hukuman karena bolos, mari membangun lembaga,” ajak Saifuddin.

Dalam manajemen pekerjaan, lanjut dia, ASN Kemenag harus disiplin dalam menjalankan tugas dan fungsi sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku.

“Jadikanlah pekerjaan itu sebagai hobi, jika kita lakukan berdasarkan hobi, maka beban di dalam pekerjaan akan menjadi ringan,” ungkap Saifuddin.

Sebelumnya pertemuan, Kepala Bagian Tata Usaha Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Saifuddin, melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tenggara di Kutacane, Jum’at (18/10).

Kehadirannya kesana spontan, tanpa pemberitahuan lebih awal agar dapat melihat langsung serta memastikakan pelaksanaan layanan, kinerja dan kedisiplinan ASN di lingkungan Kantor Kemenag Aceh Tenggara.

Tiba disana sekitar pukul 08:20 Wib disambut sejumlah pejabat Kankemenag setempat dan sejumlah ASN, membuat mereka yang ada disana serasa panik, heran dan kaget.

Betapa tidak, tiba-tiba saja di tengah aktivitas pagi, orang nomor dua di Kemenag Aceh itu sambangi mereka, dan kunjungan ini tidak seperti biasanya, dimana jauh jauh hari sudah dipersiapkan.

Melihat Kakankemenag tidak ada saat menyambut kehadirannya, Saifuddin menanyakan kemana Kakankemenag kepada ASN disana.

“Pak Kakankemenag kemana, ada disini atau dimana beliau,” ujar Kabag Tu seraya bercanda.

Tidak ada jawaban bahkan sempat terdiam dan saling melirik teman yang lain, Kabag TU kembali meminta ASN Kemenag Aceh Tenggara untuk menjawab pertanyaannya.

“Lagi di luar pak, DL,” ujar salah seorang ASN

Selanjutnya Kabag TU masuk ke ruangan kepegawaian melihat absensi kehadiran ASN disana dan ke sejumlah ruangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut ia juga meminta kepegawaian untuk menyerahkan print out absen, master asli finger print dan sejumlah dokumen lainnya.

Tanpa banyak bicara ia mencermati pelayanan yang ada di Kantor itu, ia juga menemukan sejumlah catatan dari Sidak tersebut dan meminta semua ASN untuk berkumpul di aula Kantor tersebut.

Hasil sidak itu disampaikan kepada para pejabat Kankemenag Aceh Tenggara pada pertemuan Pembinaan ASN Kankemenag setempat dan juga sebagai laporan yang akan disampaikan kepada pimpinan di Kanwil Kemenag Aceh. [Randi/rel]

Related posts