Wapres Ma’ruf Amin Minta Raja Malaysia Lindungi Semua TKI

VIVA

(KANALACEH.COM) – Di tengah kunjungan kerja ke Jepang mewakili Presiden Joko Widodo dalam acara penobatan Kaisar Naruhito, Wakil Presiden Ma’ruf Amin melakukan pertemuan bilateral dengan Raja Malaysia, Yang di-Pertuan Agong Sultan Abdullah Al-Mustafa Billah Shah Ibni Almarhum Sultan Haji Ahmad Shah Al-Musta’in Billah. Pertemuan berlangsung di Hotel Imperial Tokyo, Jepang, Selasa 22 Oktober 2019.

Kepada Sultan Abdullah, Wapres Ma’ruf Amin meminta untuk memberikan perlindungan kepada semua tenaga kerja migran asal Indonesia di Malaysia. “Saya minta anak-anak kita itu dianggap anak-anak beliau saja, jadi bagaimana beliau memperlakukannya supaya Raja juga merespon dengan baik,” kata Wapres Ma’ruf Amin.

Ma’ruf Amin berharap, dengan banyaknya jumlah tenaga kerja asal Indonesia di Malaysia, Raja Malaysia dapat memberikan dukungannya kepada WNI di Malaysia. “Secara kebetulan juga kita punya banyak tenaga kerja di Malaysia, kan Raja ini punya kewenangan untuk mengampuni,” tambahnya.

Turut mendampingi Wapres Ma’ruf antara lain Kepala Sekretariat Wakil Presiden (Kasetwapres) Mohamad Oemar, Menlu RI periode 2014-2019 Retno Marsudi dan Kepala Protokol Negara Andri Hadi.

Sementara itu, Raja Malaysia Sultan Abdullah didampingi Duta Besar Malaysia untuk Jepang Datuk Kennedy Jawan, Datuk Pengelola Bijaya Diraja Istana Negara Datuk Ahmad Fadil Samsuddin, Menteri Penasehat di Kedutaan Besar Malaysia di Jepang Mohamad Ishrin Mohd Ishak dan  Ketua Pegawai Istiadat Kerajaan Malaysia Datuk Rozainor Ramli.

Raja Malaysia menjadi tamu kehormatan keempat bagi Wapres Ma’ruf Amin sejak dilantik. Sebelumnya, usai pelantikan, Wapres Ma’ruf di Jakarta telah menerima kunjungan kehormatan dari Wapres China Wang Qishan, Wapres Vietnam Dang Thi Ngoc Thinh dan Wapres Myanmar Henry Van Thio.

Usai bertemu Sultan Abdullah, Wapres Ma’ruf kembali ke kamar penginapan untuk bersiap menghadiri upacara penobatan Kaisar Jepang Naruhito. Prosesi itu akan berlangsung di Imperial Palace Tokyo, Selasa siang waktu setempat. [VIVA]

Related posts