Tak Ada Kader Demokrat-PAN di 12 Calon Wamen yang Dipanggil Jokowi

[Foto: Antara]

Jakarta (KANALACEH.COM) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperkenalkan 12 calon wakil menteri untuk kabinet periode keduanya. Berdasarkan daftar calon yang sudah hadir di Istana Kepresidenan, tidak ada satu pun kader Partai Demokrat dan PAN.

Para calon wamen telah tiba di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (25/10), sejak pagi tadi secara bergiliran. Di antara mereka adalah Mantan Bendahara Umum Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf Wahyu Trenggono, Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmojo, hingga politikus PPP Zainut Tauhid.

Hingga saat ini, tidak tampak tokoh-tokoh dari Partai Demokrat dan PAN. Padahal, diketahui, Ketum PD Susilo Bambang Yudhoyono sempat bertemu dengan Jokowi beberapa waktu lalu sebelum pengumuman menteri Kabinet Indonesia Maju.

PD disebutkan mengajukan sejumlah konsep atau program pemerintahan kepada Jokowi. Selain itu, mereka juga mengusulkan nama Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) untuk menjadi Menpora.

“Ditanyakan ke Pak SBY langsung (kepastian Demokrat gabung pemerintah). Kita bicara itu tapi belum sampai sebuah keputusan,” kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis (10/10) seperti dilansir laman Detik.com.

Demikian pula dengan PAN. Ketum PAN Zulkifli Hasan sempat bertemu Jokowi di Istana Negara sebelum pengumuman menteri. Kala itu, Jokowi mengakui sempat berbicara soal koalisi dengan Zulkifli.

“Ya ada (bicara koalisi), tapi belum sampai final, belum rampung,” kata Jokowi di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (14/10).

Sementara itu, berikut adalah 12 calon Wamen yang sudah tiba di Istana Kepresidenan, selengkapnya:

1. Direktur Utama Mining Industry Indonesia (MIND ID) Budi Gunadi Sadikin atau BGS
2. Mantan Bendahara Umum Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf Wahyu Trenggono
3. Politikus PPP Zainut Tauhid
4. Puteri Ketua Umum Partai PerindoHaryTanoesoedibjo Angela Tanoesoedibjo
5. Politikus PSI Surya Chandra
6. Mantan Bupati Jayawijaya John Wempi Wetipo
7. Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmojo
8. Mantan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Mahendra Siregar
9. Ketua Projo Budi Arie
10. Deputi Konstruksi, Operasi, dan Pemeliharaan Badan Restorasi Gambut Alue Dohong
11. Politikus Golkar Jerry Sambuaga
12. Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Suahasil Nazara. [detik]

Related posts