CPNS 2019, Pemko Sabang Utamakan Putra Daerah

Wali Kota Sabang, Nazaruddin. (Kanal Aceh/Arjuna)

Sabang (KANALACEH.COM) – Pemerintah Kota Sabang bekomitmen akan memprioritaskan putra dan putri asli daerah Sabang pada penerimaan calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 ini.

“Hal ini sengaja kami lakukan agar selain memberikan kesempatan juga sebagai upaya pengentasan angka pengangguran di Kota Sabang,” kata Wali Kota Sabang, Nazaruddin, Selasa (29/10).

Menurutnya, selama ini pemerintah pusat melakukan penerimaan CPNS secara bebas terbuka umum. Artinya putra-putri dari kabupaten/kota lain bisa mendaftar untuk menjadi pegawai di Kota Sabang.

Oleh karena itu, pihaknya akan coba minta dan mengusulkan kepada pemerintah pusat untuk memberikan kesempatan penerimaan CPNS November 2019 ini, diprioritaskan buat putra-putri daerah.

“Pernah kita buka untuk umum, tapi setelah mereka lulus jadi PNS, setahun mereka pindah. Jadi sama saja kita terima, tapi akhirnya dia tidak bekerja di Sabang, makanya kita ingin penerimaan CPNS 2019 prioritaskan khusus ke anak Sabang,” harapnya.

Kondisi ini dianggap merugikan Pemerintah Kota Sabang dan kerap terjadi pada tahun – tahun sebelumnya paska penerimaan CPNS di Sabang. Kata dia begitu banyak orang luar Sabang menjadi PNS di pulau Weh itu, lantas kemudian pindah ke daerah lain, sehingga Sabang kekurangan tenaga kerja.

“Kalau anak daerah Sabang sendiri mau pulang kampung kemana lagi dia kalau lulus PNS di Sabang, memang kampungnya di sini. Jadi kita berfikir efektivitas kinerja kita pemerintahan tentunya butuh anak daerah,” katanya.

Lanjut dikatakan, sebagai antisipasi, Pemko Sabang akan membatasi pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Kata dia, jika ada KTP wilayah Sabang yang dibuat setelah Januari 2019, maka tidak akan diterima saat memasukan permohonan untuk CPNS 2019 ini.

“Jadi, pembatasan KTP kita lakukan awal Januari 2019, kalau ada pembuatan KTP setelah Januari 2019, maka tidak akan diterima, karena yang bersangkutan menandakan baru pindah ke Sabang,” kata dia.

“Untuk formasi penerimaan nanti akan kita susun secepatnya dan kuota penerimaan CPNS akan diberikan oleh pemerintah pusat kita terima saja, intinya kita berkomitmen memprioritaskan putra daerah,” tambahnya. [DA]

Related posts