623 Mahasiswa Subulussalam Dapat Beasiswa, Ini Rinciannya

(Kanal Aceh/Satria Tumangger)
--Ads--
loading...

Subulussalam (KANALACEH.COM) – Wali Kota Subulussalam Affan Alfian Bintang salurkan bantuan beasiswa kepada 623 mahasiswa asal Kota Subulussalam, yang kuliah baik di Subulussalam maupun di luar daerah.

Penyerahan beasiswa itu dilakukan secara simbolis, digelar di Aula Serbaguna Dinas Pendidikan Subulussalam,  sekaligus dirangkai juga dengan acara peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW dengan tema “SDM berkualitas akan tercipta Subulussalam berintegritas dan cerdas”.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Walikota Subulussalam Salmaza, Ketua DPRK, Ade Fadly Pranata Bintang, Ketua MPD Jaminuddin B, Kepala Baitul Mal Ustadz Sabaruddin, sejumlah pejabat dan ratusan mahasiswa serta orangtua Mahasiswa.

Ads

Ketua Panitia program Beasiswa Pemko Subulussalam Tahun 2019 Ir. Muzakir menyampaikan, pada tahun ini sebanyak 705 mahasiswa yang mengajukan beasiswa, namun setelah diseleksi, yang dinyatakan lulus adalah sebanyak 623 orang.

Setelah melalui seleksi Administrasi, seleksi visitas lapangan dan seleksi kampus, Mahasiswa yang mendapat Beasiswa pada tahun 2019 dibagi dalam 4 kategori, yakni kategori miskin berkas yang masuk 216 dan yang lulus hanya 185 orang. Kategori Mahasiswa berprestasi masuk berkas sebanyak 196 orang dan yang lulus 177. Kemudian kategori Mahasiswa Tugas akhir masuk berkas 282 dan lulus 250 dan kategori Mahasiswa Tahfiz masuk berkas 11 dan lulus semua.

Untuk pencairan beasiswa mahasiswa itu, kata ketua MPD Jaminuddin, akan ditransfer langsung ke rekening mahasiswa yang bersangkutan, mulai tanggal 25 November sampai dengan 1 Desember 2019.

Adapun besaran Beasiswa yang disalurkan oleh Pemerintah Kota Subulussalam melalui Majelis Pendidikan Daerah (MPD) itu yakni sebagai berikut :

Untuk Mahasiswa D3 katagori miskin sebesar Rp1,7 juta, katagori berprestasi sebesar Rp 2 juta dan katagori tugas akhir sebesar Rp 1,8 juta.

Untuk mahasiswa S1 katagori miskin sebesar Rp 2,2 juta, katagori berprestasi sebesar Rp 2,750 juta dan katagori tugas akhir sebesar Rp 2,5 juta.

Selanjutnya untuk mahasiswa S2 dengan katagori miskin sebesar Rp 3,7 juta, katagori berprestasi sebesar Rp 5 juta dan katagori tugas akhir sebesar Rp 4 juta.

Kemudian untuk mahasiswa S3 dengan katagori miskin sebesar Rp 7,5 juta, berprestasi sebesar Rp 10 juta dan kategori tugas akhir sebesar Rp 8,5 juta. Terakhir untuk katagori mahasiswa Tahfidz diberikan beasiswa sebesar Rp 15 juta.

Total Penerima 623 Orang dengan total Anggaran Sebesar Rp. 1.663.250.000.

Sementara itu Walikota Subulussalam H. Affan Alfian Bintang mengimbau agar para mahasiswa meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT serta patuh pada orang tua.

“Ilmu yang di dapat hendaknya dibarengi dengan adab dan akhlak yang mulia. InshaAllah pada tahun depan program ini akan kita tingkatkan lagi jumlahnya” Kata Walkot Bintang

Acara tersebut juga diselingi penyampaian testimoni oleh Yuna Laila mahasiswi Panca Budi Medan, yang membuat para orang tua menangis karena Yuna dari keluarga miskin menceritakan kisahnya saat kuliah. Bukan hanya orang tua, Yuna pun ikut menangis dan wali kota, wakil wali kota dan Ketua DPRK juga terlihat ikut terharu. [Satria Tumangger]