Pertengahan Desember Masuk Pelabuhan Ulee Lheue Gunakan Uang Elektronik

(ist)
--Ads--
loading...

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Dinas Pehubungan bekerjasama dengan perbankan, mengelar sosialisasi pembayaran non tunai untuk akses memasuki pelabuhan penyeberangan Ulee Lheue.

Sosiaisasi ini digelar di arena Car Free Day (CFD), Minggu (1/12). Semua lembaga keuangan yang hadir ikut menyosialisasikan kartu pembayaran elektronik, produk mereka yang nanti dapat digunakan masyarakat saat memasuki kawasan Ulee Lheue. Ada e-money dari Mandiri, BRIZZI (BRI), TapCash (BNI) TapCash iB (BNI Syariah) dan Flazz (BCA).

Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman mengatakan penerapan transaksi elektronifikasi sistem pembayaran non tunai ini direncanakan grand launching-nya pada pertengahan Desember.

Ads

Sementara sosialisasi terus dilakukan hingga tiga bulan kedepan, agar seluruh masyarakat segera memiliki kartu tersebut.

“Mulai pertengahan desember ini, masyarakat yang ingin masuk ke pelabuhan penyebrangan Ulee Lheue bisa menggunakan kartu-kartu dari produk perbankan tersebut dan kartu members (kartu gemilang) yang dikeluarkan Dishub,” kata Aminullah.

Program ini, kata Wali Kota diberlakukan dalam rangka memanfaatkan tekhnologi untuk transparansi dan mencegah terjadinya pungli.

“Dengan penerapan pembayaran non tunai ini tidak ada peluang untuk pungli, karena langsung masuk ke kas daerah. Dengan begitu PAD juga akan meningkat,” ungkapnya.

“Selain itu kebijakan ini juga dalam rangka menyukseskan program Gerakan Nasional  Non-Tunai (GNNT) yang diluncurkan Bank Indonesia,” tambah Aminullah.

Elektonifikasi ini, kata dia merupakan program unggulan Banda Aceh dalam menindaklanjuti program Banda Aceh Smart City. [Randi/rel]