Aneuk Laot Tuan Rumah Festival Desa Wisata 2019

(ist)
--Ads--
loading...

Sabang (KANALACEH.COM) – Festival gampong wisata 2019 digelar di Sabang. Ada sekitar 20 desa wisata yang turut andil dalam kegiatan ini, dan Desa Aneuk Laot dipilih sebagai tuan rumah.

Ada 6 Kabupaten yang terlibat di festival gampong budaya ini, yaitu Aceh Tengah, Aceh Singkil, Bener Meriah, Sabang, Gayo Lues, dan terakhir dari Aceh Tamiang. Kali ini, peserta dibatasi yang ikut hanya 12 desa dan 24 peserta.

Panitia Pelaksana festival gampong budaya, Irwan Mahdi mengatakan, kegiatan ini sepenuhnya dilakukan oleh Dinas Pariwisata Aceh, tujuannya untuk mengembangkan wisata-wisata yang ada di Aceh.

Ads

“Kegiatan ini di piliih di Sabang karena untuk mensupport desa-desa yang ada di Sabang, sebagaimana yang kita ketahui selama ini wisatawan datang ke sabang hanya untuk ke KM 0, Snorkling, dan Diving, bisa dikatakan hanya itu saja aktivitasnya,” kata Mahdi, Minggu (8/12).

Kegiatan ini, kata dia juga bertujuan untuk menunjukkan kepada desa yang ikut bagaimana cara menyusun paket wisata yang ada di desa. Pihaknya juga akan menjual paket-paket wisata yang ada di Aneuk Laot, Sabang.

Peserta akan melakukan kegiatan memancing, kemudian memasak ikan hasil pancingan, kemudian belajar memasak dari kaum ibu termasuk membuad kue kara, masak gulai. Di kegiatan budaya, peserta akan latihan rapai. Sehingga mereka bisa belajar menabuh rapai hingga bisa menyanyikan satu lagu.

“Ini hanya sebagai pemicu, setelah mereka tau bagaimana menyusun paket wisata, diharapkan dapat mengembangkan desa mereka masing-masing dengan paket-paket wisata, tidak harus sama atau serupa, tetapi bisa berkreatifitas mengembangkan paket wisata sesuai dengan potensi yang ada di desanya,” ujar Mahdi. [Red]

Ads