Penelitian Balitbang Kemenag: Peunayoung Jadi Gampong Sadar Kerukunan

(Kanal Aceh/Randi)
--Ads--
loading...

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Gampong Peunayoung, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh ditetapkan sebagai gampong sadar kerukunan beragama di Aceh. Penetapan itu, setelah Balitbang Kementrian Agama meneliti hampir satu bulan di kawasan tersebut.

Ditetapkannya Peunayoung menambah jumlah daftar desa sadar kerukunan. Kini, desa sadar kerukunan menjadi dua di Kota Banda Aceh setelah Gampong Mulia.

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Banda Aceh, Abd. Syukur mengatakan, sebelumnya, tim Balitbang Kemenag mempelajari cara hidup warga di Peunayoung. Bahkan, kata dia, tim tersebut tidur selama satu bulan di Peunayong.

Ads

“Balitbang Kemenag satu bulan tidur di Gampong Peunayoung, meneliti bagaimana kehidupan beragama di Peunayong, setelah diteliti, Peunayong jadi gampong terdamai di Aceh, ” kata Abd Syukur.

Menurutnya, di Peunayong mayoritas beragama Budha. Namun, mereka tetap bisa hidup rukun tanpa ada gesekan dengan penganut agama lain.

“Mereka dengan mayoritas penduduk Budha 85 persen, selebihnya campur, Kristen, Katolik dan Islam di Peunayong ini,”

“Kondisi ini sudah berlangsung dari zaman ke zaman, sudah sebelum kita merdeka kota Peunayong ini sudah ada dan mereka selalu kondisinya aman,” tambahnya.

Untuk itu, Kemenag bersama Mendagri memberi legalitas bahwa Peunayong menjadi gampong sadar kerukunan kedua setelah Gampong Mulia. [Randi]