Dalam Kurun Waktu 150 Tahun, Besok Gerhana Matahari Cincin Sapa Aceh

ist

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Gerhana matahari merupakan fenomena langka karena waktu terjadinya tidak setiap bulan, bahkan di satu tempat harus menunggu hingga puluhan tahun untuk menyaksikan gerhana.

Untuk di Aceh, gerhana matahari cincin akan melintasi Aceh, besok Kamis, 26 Desember 2019, tepatnya di Pulau Simeulue. Dimana sebelumnya, fenomena ala mini belum pernah terjadi di Aceh. Hanya saja pernah terjadi di Bengkulu tahun 1988.

“Di Indonesia pernah terjadi di Bengkulu tahun 1988. Di Aceh matahari cincin ini pertama melintas dalam kurun waktu 150 tahun,” kata Tim Falakiyah Kemenag Aceh, Suhrawardi Ilyas saat ditemui di lokasi pengamatan gerhana matahari total di Simeulue, Rabu (25/12).

Sementara, untuk gerhana matahari total pernah melintas di Aceh, pada 1929 silam, di Takengon. Dan diprediksi gerhana matahari total akan kembali terlihat di Aceh sekitar tahun 2130.

Baca: Kemenag Aceh akan Pantau Gerhana Matahari Cincin di Simeulue
Kata dia, gerhana matahari cincin di Aceh, sesuatu yang sangat jarang terjadi. Gerhana matahari tiap tahun ada, tapi lokasinya yang beda.

Ia menjelaskan, secara sains gerhana matahari berguna untuk melihat kalibrasi waktu, jarak antara matahari dan bumi. Kemudian kalibrasi ukuran dan posisi dari benda-benda langit.

“Astronomi itu ilmu islam. Karena ilmu dalam islam yang pertama kali ialah astronomi. Dalam hal ini berbagai fenomena itu kita gunakan untuk menguatkan kembali penguasaan ilmu astronomi dikalangan kita,” sebutnya.

Berdasarkan data tim falakiyah kanwil Kemenag Aceh, gerhana di Tanah Rencong secara keseluruhan diperkirakan akan terjadi sekira pukul 10.08-13.56 WIB atau sekira 3 jam 45 menit 52 detik. [Randi]

Related posts