Khasiat Sehat Minum Air Rebusan Jahe Saat Perut Kosong

(KANALACEH.COM) – Air rebusan jahe enak diminum hangat di pagi hari. Sensasi rasa hangat dan pedasnya ternyata bisa memberikan banyak manfaat sehat untuk tubuh.

Jahe termasuk salah satu jenis akar rimpang yang banyak memiliki manfaat. Selain populer dijadikan bumbu masak, jahe juga bisa jadi solusi dari berbagai masalah kesehatan. Minum air jahe di pagi hari juga bisa membuat perut hangat serta memperbaharui sel-sel dalam tubuh.

Secara alami, rempah dengan nama latin Zingiber Officinale ini mengandung banyak nutrisi mulai dari serat, karbohidrat, fosfor hingga vitamin. Selain itu, jahe juga mengandung enzim proteolitik, zingibain, minyak atsiri, oleorosin, gingerol dan senyawa fenolik.

Minum air rebusan jahe saat perut masih kosong ternyata juga memberi dampak positif pada tubuh. Dilansir dari berbagai sumber, berikut manfaat jahe jika dikonsumsi saat pagi hari.

  1. Jenis Jahe

Jahe terdiri dari beberapa jenis, di Indonesia ada tiga jenis jahe yang populer yakni jahe merah, jahe putih dan jahe gajah. Masing-masing jenis jahe ini memiliki karakter fisik dan rasa yang berbeda.

Jahe putih atau biasa disebut jahe emprit termasuk jenis jahe yang paling banyak ditemui di pasaran. Jahe ini memiliki ukuran sedang dan berbentuk agak pipih. Warna dagingnya putih dan berserat halus. Kemudian ada juga jahe merah yang memiliki ukuran kecil dan warna daging kemerahan. Jenis jahe ini punya aroma dan rasa kuat sehingga kerap diandalkan untuk membuat wedang dan campuran minuman jahe.

Terakhir ada jahe gajah, sesuai dengan namanya, jahe ini punya ukuran jumbo seperti gajah. Jahe ini punya bentuk gemuk dan menggembung. Karena rasanya kurang nendang, jahe gajah kerap kali dimanfaatkan untuk membuat permen jahe karena dagingnya yang tebal.

  1. Kandungan jahe

Jahe memiliki kandungan nutrisi yang cukup komplet. Di dalam jahe terkandung serat, karbohidrat, lemak, vitamin, kalsium, zat besi hingga fosfor. Masing-masing zat ini memiliki manfaat untuk kesehatan.

Dalam jahe mengandung beberapa jenis vitamin sekaligus, diantaranya ada Vitamin A, Vitamin B 1 (tiamin), vitamin B3 dan vitamin C. Jahe juga mengandung beberapa enzim seperti enzim proteolitik, zingibain, oleorosin, gingerol serta minyak atsiri.

Tak hanya itu, jahe segar juga mengandung beberapa komponen bioaktif serta mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Jahe juga memiliki sifat anti inflamasi sehingga bisa mengurangi rasa nyeri dan peradangan.

  1. Melancarkan sirkulasi darah

Air rebusan jahe bisa dikonsumsi kapan pun, tapi jika dikonsumsi pagi hari ketika perut kosong maka khasiatnya akan bertambah. Rutin minum air jahe di pagi hari bisa meningkatkan kelancaran sirkulasi darah.

Kandungan magnesium, seng dan potassium dalam jahe membantu mengatur kelancaran aliran darah. Dengan aliran darah yang lancar maka berbagai penyakit akan mudah dihindari termasuk stroke dan serangan jantung.

Selain itu jahe juga berpotensi menurunkan kadar kolesterol di pembuluh arteri sehingga membantu menjaga kesehatan jantung. Konsumsi segelas air rebusan jahe di pagi hari secara rutin agar khasiatnya bisa langsung terasa.

  1. Menjaga kesehatan pencernaan

Banyak orang mengeluh sakit perut saat pagi hari. Beberapa penyebabnya antara lain meningkatnya gas lambung serta gangguan dalam saluran pencernaan. Solusinya bisa dengan mengonsumsi air rebusan jahe.

Jika dikonsumsi secara rutin di pagi hari maka gangguan pencernaan seperti sembelit bisa dengan mudah diselesaikan. Kandungan serat pada jahe membantu melancarkan buang air besar.

Jahe juga membantu mengendalikan kelebihan gas dan asam yang berlebih dalam lambung. Efek sensasi pedas segar pada jahe juga membuat perut terasa hangat dan terhindar dari masuk angin. Meski rasanya agak pedas, air jahe aman dikonsumsi di pagi hari saat perut masih kosong.

  1. Cara mengolah jahe

Jahe bisa dikonsumsi dalam berbagai versi sesuai selera. Cara simpelnya adalah dengan menambahkan beberapa iris jahe segar pada air hangat. Air ini bisa langsung dikonsumsi atau dijadikan infused water.

Bisa juga dengan merebus jahe, caranya kupas jahe lalu iris tipis atau memarkan. Rebus jahe dengan air secukupnya sampai mendidih. Saring jahe lalu siap dikonsumsi. Air rebusan jahe ini bisa juga ditambahkan madu, teh atau irisan lemon dan kayu manis. Kalau mau rasanya lebih nikmat cobalah buat wedang jahe. (Detik.com)

Related posts