Tak Ada Anggaran, Jalan Menuju Dinas Pendidikan Abdya Tak Kunjung di Aspal

Kepala PUPR Abdya Much Tavib. (Jimi pratama/KanalAceh.com)

Blangpidie (KANALACEH.COM) –  Jalan menuju Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, di Gampong Lhung Tarok, Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) belum juga di aspal.

Sebab, jalan yang di bangun beberapa tahun lalu itu, hingga kini belum juga bisa di aspal hotmix lantaran tidak ada anggaran.

Kepala Dinas PUPR Abdya Much Tavip saat di jumpai diruangannya, mengatakan, pihaknya sangat menyayangkan dengan keadaan jalan tersebut, lantaran akses ke Dinas Pendidikan lebih dekat daripada jalan lain.

“Saya sangat prihatin, namun untuk pengaspalan kita tidak memiliki anggaran,” katanya, Jumat (24/1).

Dirinya mengaku kasihan melihat para pegawai maupun masyarakat yang menuju kantor dalam keadan jalan berdebu dan di tambah bebatuan.

“Kita tidak ada anggaran. APBK tidak mungkin di gunakan karena (kebutuhannya) terlalu besar, padahal bisa sih dengan APBK tapi sayang banyak kegiatan yang terhapus,” sebutnya.

Biaya untuk pengaspalan jalan tersebut di butuhkan anggaran sebesar Rp 3 miliar. Nominal itu sudah termasuk dengan pembangunan gorong-gorong dan saluran pembungan.

“Prediksi saya Rp 3 miliar. Sudah dengan fasilitas pendukung. Kalau hanya aspal, paling Rp 2,5 miliar,” tuturnya.

Tavip mengaku sengaja menghindari penggunaan APBK untuk kegiatan pembangunan yang memakan dana besar itu. Hal ini dilakukan lantaran keterbatasan pendapatan dan agar kegiatan-kegiatan kecil yang sudah diusulkan tidak terkendala.

“Namun kita akan mengusahakan perbaikan jalan tersebut dan akan melakukan survei dulu kelokasi. Kita siapkan permohonan ruas jalan agar tercatat di pusat, baru akan usul di DAK. Tahun 2021 bisa (dibangun),” tutur Tavip. [Jimi Pratama]

Related posts