Potensi Sarang Alu di Ujung Pulau Banyak Barat

Pulau Sarang Alu di Pulau Banyak Barat. (istimewa)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Pulau Sarang Alu, mungkin namanya tidak setenar pulau-pulau lain yang berada di Kepulauan Banyak, Kabupaten Aceh Singkil.

Pulau mungil yang satu ini pun, nyaris tak pernah dikunjungi wisatwan yang sedang berlibur di Kepulauan Banyak. Sarang Alu terletak di ujung Pulau Tuanku di Kecamatan Pulau Banyak Barat.

Pulau ini, menjadi pulau terakhir di perbatasan antara Nias dan Aceh Singkil. Tapi, pulau ini masuk dalam wilayah Aceh. Potensi terpendam di pulau ini tidak perlu diragukan lagi.

Baca: Pulau Banyak Barat Punya Spot Snorkeling yang Masih Perawan

Sarang Alu masuk dalam salah satu pulau tropis di Kepulauan Banyak. Karena jarak antara ibukota Kecamatan dengan pulau ini yang agak jauh, membuat Pulau Sarang Alu jarang dikunjungi.

Bibir pantai Pulau Sarang Alu. (istimewa)

Pulau ini menawarkan hamparan pasir putih yang lembut dan landai, dengan rerimbunan pohon kelapa yang menghembuskan angin sepoi-sepoi, yang bisa membuat penat hilang.

Baca: Merawat Kampung Lamo Wisata Ziarah di Pulau Banyak Barat

Bagi pecinta snorkeling, di sekitar Pulau Sarang Alu juga ditumbuhi terumbu karang, tentunya pengunjung akan di memanjakan dengan berbagai bentuk karang di bibir pantainya.

Seorang warga Haloban, Kecamatan Pulau Banyak Barat, Deni Meliala, mengatakan Sarang Alu dapat ditempuh dengan jarak 1,5 jam dari Desa Haloban. Menurutnya, untuk merapat ke pulau ini, juga dibutuhkan keahlian khusus.

Sebab, kata dia, ombak di pinggir pulau ini terbilang ganas. Jika salah memainkan kemudi, akan berakibat fatal yang bisa membuat perahu terbalik. “Kalau naik speed boat paling 1,5 jam. Memang kalau mau masuk yang agak susah, karena ombaknya besar,” ujarnya kepada kanalaceh.com beberapa waktu lalu.

Pulau ini berdekatan dengan lokasi surfing di Kepulauan Banyak, yaitu di Ujung Lolok dan Bangkaru. Pulau ini juga berdekatan dengan Pulau Sarang Gantung dan Pulau Pinang.

Untuk menuju ke lokasi ini, jika anda memulai dari Kecamatan Singkil, Aceh Singkil, anda disarankan terlebih dahulu menaiki kapal penyebrangan yang terletak di pelabuhan tradisional di Pulau Sarok, untuk menuju Haloban, Kecamatan Pulau Banyak Barat dengan jarak sekitar 4 jam 40 menit.

Namun, kapal penyebrangan ke Pulau Banyak Barat tidak selalu ada setiap hari. Minimal, jadwalnya seminggu tiga kali. Sesampainya ke desa Haloban, anda harus meneruskan perjalanan kembali ke Sarang Alu dengan jarak 1,5 jam.

Disana anda bisa mengeksplorasi keindahan Pulau Sarang Alu yang belum pernah terjamah oleh wisatawan. Jika anda bosan, anda juga bisa berkeliling di pulau-pulau lain di sekitar Kecamatan Pulau Banyak Barat. [Randi]

 

View this post on Instagram

 

Aceh Singkil (KANALACEH.COM) – Penggemar kartun anak-anak Spongebob Squarepants pasti sangat kenal dengan Bikini Bottom, sebuah kota bawah laut yang menjadi tempat tinggal Spongebob dan teman-temannya. Jika dilihat dari permukaan laut, Bikini Bottom berbentuk pulau kecil dengan pohon kelapa di atasnya. Pulau seperti Bikini Bottom tidak hanya ada di kartun saja, di dunia nyata, tempat ini memiliki kemiripan dengan sebuah pulau di Kabupaten Aceh Singkil yakni Pulau Madang Balung. Lantaran permukaanya mirip dengan Bikini Bottom, wisatawan menyebut pulau ini dengan nama Pulau Spongebob. Pulau Madang Balung ini salah satu Pulau yang berukuran kecil dari 63 pulau yang terdapat di Kepulauan Banyak. Baca: Merawat Kampung Lamo Wisata Ziarah di Pulau Banyak Barat Pulau ini juga tidak berpenghuni, ukurannya hanya seluas lapangan bola voli. Diatasanya ditumbuhi beberapa pohon kelapa yang menjulang tinggi, dengan pasir putih yang halus di pinggirannya. Pasir putihnya terlihat sangat indah melandai dikelilingi birunya lautan. Pulau ini dikelilingi terumbu karang yang bisa dilihat dengan mata telanjang jika berada diatas perahu. Sehingga menambah eksotisme “Pulau Spongebob” yang terletak di Aceh Singkil ini. Baca: Kepulauan Banyak jadi target wisatawan di musim libur Julukan Pulau Spongebob datang dari wisatawan yang melihat diantara banyaknya pulau, hanya pulau Madang Balung yang memiliki kemiripan dengan Pulau Spongebob. Sehingga ia menjulukinya dengan Pulau Spongebob. “Karena ukurannya kecil dan diatas pulau ini hanya ditumbuhi pohon kelapa,” kata seorang wisatawan, Rio Pranata. Perjalanan ke pulau ini juga terbilang ekstrem. Karena menuju pulau ini banyak lautan dangkal, sehingga jika tidak menguasai medan perjalanan, perahu atau kapal yang digunakan bisa kandas diatas karang. Sebelum berlabuh, kita dimanjakan dengan warna warni terumbu karang yang cukup dangkal hanya sedalam lutut orang dewasa. Selengkapnya di www.kanalaceh.com #acehbarat #aceh #acehgayo #acehtenggara #acehtimur #acehbesar #acehsingkil #acehselatan #acehtamiang #abdya #sabang #pulaukecil #pulauspongebob #kartun #patrick #spongebob #terumbukarang #pulaucantik #pulaueksotis

A post shared by Kanal Aceh (@kanalacehcom) on

Related posts