Kapal Cepat Milik Pemda Aceh Singkil Akan Dikelola Oleh BUMD

KM Tailana. (Foto: Dok. Hariono)

Aceh Singkil (KANALACEH.COM) – Kapal cepat KM Tailana milik Pemerintah Daerah Aceh Singkil, akan dikelola oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Hal itu dikatakan oleh Kepala Dinas Perhubungan Aceh Singkil Malim Dewa, Senin (24/2). “Kapal tetap akan dikelola oleh pihak ketiga, dan sesuai arahan BUMD yang sebelumnya direncanakan akan dikelola pihak PT ASDP,” ujarnya.

Guna menentukan tarif, Malim menyebut telah berkoordinasi dengan Dirjen Keuangan Negara untuk mengkaji tarifnya.

Baca: Kapal Cepat Milik Aceh Singkil yang Mirip Kapal Pesiar Siap Berlayar

“Jarak tempuh dari Singkil – Pulau Banyak, Singkil – Sinabang, Kabupaten Simeulu dan Singkil – Gunung Sitoli, Kabupaten Nias, Sumut atau sebaliknya, berapa tarifnya per mil,” ucapnya.

Kata Malim, pihaknya telah menggelar rapat dengan pihak BUMD setempat bahwa untuk penyesuaian tarif penumpang kapal cepat dirapatkan di Banda Aceh.

Kondisi kapal saat ini masih fit dan sedang bersandar di Pelabuhan Syahbandar. “Kadang kapal cepat bersandar di Pulau Banyak dan kadang bersandar di Pelabuhan Anak laut, Singkil Utara,” ungkap Malim.

Baca: Mengintip Kapal Cepat Pulau Banyak yang Mirip Kapal Pesiar

Guna mendukung sektor pariwisata Pulau Banyak, Pemda Aceh Singkil membeli kapal cepat KM Tailana senilai 4,5 miliar dari dana Otsus.

Kapal cepat ini nantinya akan melayani rute Singkil–Pulau Banyak dan Pulau Banyak–Pulau Banyak Barat dan sebaliknya. Masyarakat hingga kini masih menanti kapal cepat KM Tailana berlayar. [Khadafi]

Related posts