Cegah Corona, Dinkes Aceh Singkil Ingatkan Warga Pola Hidup Sehat

Erwin SKM, Kepala Dinas Kesehatan Aceh Singkil. (Kanal Aceh/Khadafi)

Aceh Singkil (KANALACEH.COM) – Sejumlah wilayah di Indonesia terus berupaya mengantisipasi merebaknya wabah virus corona (covid-19).

Sejumlah langkah pun diambil oleh Pemerintah Daerah. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Aceh Singkil mengambil langkah di antaranya masyarakat diminta agar tetap tenang, ikatan dokter indonesia (IDI) se Aceh akan sekuat tenaga mengawasi penyebaran virus corona, dan mengkampanyekan pola hidup sehat warganya.

“Mulai dari cuci tangan menggunakan sabun, apabila mengalami gejala flu segera ke fasilitas kesehatan, hindari kontak dengan pasien yang terinfeksi,” ungkap Erwin, Kepala Dinas Kesehatan Aceh Singkil saat dihubungi kanalaceh.com, Rabu (4/2).

Baca: Cegah Corona, Bus Transkutaraja di Banda Aceh Disemprot Cairan Khusus

Selain itu, Erwin juga menekankan agar masyarakat selalu mendengarkan perkembangan virus corona dari instansi berwenang atau dari sumber berita yang resmi dan dapat dipercaya.

Baca: Waspada Virus Corona, IDI Aceh Minta Paramedis Siaga di Perbatasan

“Sementara himbauan terkait virus corona juga sudah dilakukan Dinkes melalui radio lokal,” ujarnya.

Saat ini Dinas Kesehatan kata Erwin juga sedang mengalami kekosongan masker N95 sebagai pelindung. “Masker habis digunakan saat wilayah Aceh Singkil terpapar kabut asap kiriman dari Pekan Baru dan Kalimantan pada tahun lalu,” ucapnya.

Pihaknya sudah berusaha untuk menutupi kekosongan masker, namun memang pada saat ini hampir di beberapa daerah mengalami kekosongan.

“Kami sudah mencoba mencari ke luar daerah, tapi memang mereka juga pada kosong, mungkin saja sudah diborong oleh china,” pungkas Erwin. [Khadafi]

Related posts