Wisatawan Diimbau Tidak Melakukan Kunjungan ke Pulau Banyak Sementara

Eksotisme Pulau Banyak dari atas mercusuar
Keindahan lautan Pulau Banyak dilihat dari mercusuar di Pulau Rangik Kecil, Kecamatan Pulau Banyak, Kabupaten Aceh Singkil. (Kanal Aceh/Randi)

Aceh Singkil (KANALACEH.COM) – Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil mengimbau wisatawan yang ingin berkunjung ke Aceh Singkil, khususnya ke Pulau Banyak, agar segera menunda kunjungannya.

Kebijakan itu diambil terkait penyebaran virus corona yang kini tengah mewabah. Namun, kebijakan itu hanya sebatas imbauan. Kepala BPBD Aceh Singkil, Ikhsan, mengatakan dinas pariwasata setempat sudah menyurati agen perjalanan/travel, untuk tidak mendatangkan wisatawan sementara waktu.

“Surat dari kepala dinas pariwisata sudah masuk ke agen, jadi jika ada yang mau masuk (wisatawan) mohon ditunda dulu, jadi ini sebatas imbauan,” ujar Ikhsan saat dikonfirmasi, Kamis (19/3).

Baca: Pastikan Negatif Corona, Turis Italia Dites Kesehatan Sebelum Tinggalkan Pulau Banyak

Menurutnya, imbauan itu hendaknya dijalankan oleh pihak agen travel di Aceh Singkil, untuk bisa sama-sama menghindari adanya wisatawan yang terpapar corona, masuk ke wilayah itu.

Selain itu, pihaknya masih melakukan pemantauan terhadap 25 warga asing yang saat ini berada di Pulau Banyak. Wisatawan asing itu terdiri dari, dua warga asing Italia, dua warga Portugal, tiga warga Jerman dan 17 orang warga negara Ceko.

Seluruh wisatawan asing itu, juga diimbau tidak melakukan aktivitas, seperti berkumpul dengan warga disana. Sehingga, masih ditempatkan di beberapa pulau di sana. “Kita minta mereka sementara waktu tidak melakukan aktivitas di masyarakat,” kata Ikhsan. [Randi]

Related posts