Banyak Warga Luar Melintas, Abdya Dirikan Posko Pencegahan Covid-19

kepala Bpbk Abdya Amiruddin (KanalAceh.com)

Blangpidie (KANALACEH.COM) – Mulai hari ini Selasa (24/3) Posko Gugus Percepatan dan Pencegahan Virus Corona (Covid-19) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), akan diaktifkan di Kecamatan Lembah Sabil, dekat Jembatan Krueng Baru perbatasan Abdya dan Aceh Selatan.

Kepala Badan Penanggulang Bencana Kabupaten (BPBK) Amiruddin, mengatakan alasan mendirikan Posko di perbatasan kedua kabupaten itu sebut karena banyak orang dari luar daerah misalkan Medan Sumatera Utara masuk lewat jalur tersebut.

“Ya, karena banyak masyarakat dari luar melewati jalur itu. Beda dengan perbatasan Nagan Raya,”katanya.

Amiruddin juga menyebutkan, tujuan pendirian posko dimaksud intinya untuk melakukan pengecekkan masuknya pendatang luar dan warga dari Abdya, yang mau bepergian keluar daerah.

“Nanti kita gunakan alat pengukur suhu. Di sana nanti kita juga akan lakukan sosialisasi seruan bersama Pemkab Abdya biar warga mengetahuinya,”ucap Amiruddin.

Selain itu Abdya juga memiliki Bandara Kuala Batu, yang tentunya akan ada warga yang berdatangan sehingga harus dilakukan pencegekan suhu tubuh. Kalau suhu diatas 38-40 langsung dibawa ke Puskesmas terdekat untuk pemeriksaan lebih lanjut.

“Posko ini akan aktif 24 jam. Dan berakhir sampai wabah virus corona ini mereda,” sebutnya.

Dikatakannya berbagai upaya sudah dilakukan untuk pencegahan Covid-19 termasuk pihak Gugus juga sudah menyurati warga keturunan China bila ingin pergi keluar daerah atau luar negeri agar melaporkan kepada mereka dan instansi terkait seperti Dinas Kesehatan.

“Artinya dengan adanya posko ini warga sudah bisa melaporkan bila menemukan adanya kedatangan warga dari luar atau adanya warga Abdya baru pulang dari luar negeri seperti Malaysia dan negara lainnya,” tuturnya. [Jimi Pratama]

Related posts