Pemerintah Aceh Siapkan Lab Pemeriksaan Spesimen Covid-19

Plt Gubernur Aceh, Ir. Nova Iriansyah, MT didampingi Kepala Dinas Kesehatan, dr. Hanif, Direktur RSUZA, Dr dr Azharuddin SpOT K-Spine dan rombongan meninjau ruangan serta fasiitas ruang Isolasi Respiratory Intensive Care Unit (RICU), tempat perawatan pasien suspect virus Corona di RSU Zainoel Abidin, Banda Aceh, 12/03/2020. (ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Pemerintah Aceh sedang mempersiapkan lab kesehatan untuk memeriksa spesimen para pasien yang diduga terpapar Corona Virus Diseas (covid-19). Jika lab kesehatan ini telah beroperasi, maka Pemerintah Aceh bisa melakukan pemeriksaan spesimen secara mandiri.

Hal tersebut disampaikan oleh Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah, usai memimpin Rapat dengan seluruh Kepala Satuan Kerja Perangkat Aceh, dengan metode konferensi video atau video conference, di Ruang Rapat Sekretaris Daerah Aceh, Selasa (24/3).

“Fasilitas pendukung untuk penanganan covid-19 terus kita persiapkan dan tingkatkan. Lab pemeriksaan spesimen pasien yang diduga terpapar covid-19 sedang kita persiapkan daan ditargetkan seleaai dalam beberapa hari ini. Kamar RICU di Rumah Sakit Zainoel Abidin juga sudah kita tambah menjadi 26 kamar. Selain itu, sebanyak 13 Rumah Sakit lainnya juga sudah ditetapkan sebagai Rumah Sakit Rujukan covid-19,” kata Plt Gubernur.

Sementara itu, dalam Rapat Pimpinan dengan seluruh Kepala SKPA, Plt Gubernur juga menegaskan, bahwa Presiden RI Joko Widodo dalam Rapat Terbatas kepada seluruh Menteri Kabinet Indonesia Kerja Jilid II dan seluruh Gubernur se-Indonesia, yang juga digelar melalui video conference, menegaskan agar para Kepala SKPA dan buppati/wali kota agar segera mempersiapkan upaya penanganan prefentif serta segera memperhitungkan dampak ekonomi dan sosial budaya dari covid-19.

“Pada rapat via video conference tadi, Pak Presiden juga menegaskan, bahwa lock down tidak akan siberlakukan di Indonesia. Oleh karena itu, seluruh SKPA, seluruh bupati dan wali kota harus memperaiapkan langkah prefentif dan kuratif. Ini menjadi kewajiban bagi SKPA dan seluruh kabupaten/kota, dan harus dipersiapkan secara terukur, terutama dampak ekonomi dan sosial budaya dari covid-19 ini,” ujar Nova tegas.

Sesuai arahan Presiden, sambung Nova, upaya membasmi covid-19 harus menjadi perhatian dan fokus seluruh pejabat Indonesia, di semua tingkatan. Kesehatan dan keselamatan masyarakat adalah fokus utama, pada upaya penanganan covid-19 ini.

“Saya juga mengingatkan kepada seluruh Kepala SKPA, bahwa selain upaya-upaya penanganan covid-19 yang harus menjadi fokus saat ini, kita juga memiliki tugas pokok lain, peohram pembangunan di segala bidang yang tertuang dalam APBA juga meruoakan kewajiban yang tidak boleh dikesampingkan,” sambung Plt Gubernur.

Nova juga mengingatkan, bahwa selama penanganan covid-19 rapat dengan metode video conference akan terus dilanjutkan. Untuk itu, seluruh SKPA diingatkan untuk terus memperbaiki infrastuktur, agar rapat berjalan lebih maksimal. [Randi/rel]

 

View this post on Instagram

 

Pidie (KANALACEH.COM) – Untuk mengantisipasi pennyebaran virus corona di Aceh, Personel Polres Pidie melakukan penyemprotan disinfektan di ruas jalan di Kabupaten Pidie, Selasa (24/3). Menggunakan mobil watercanon, Personel Polres Pidie semprot didinfektan di ruas jalan. (Kanal Aceh/Joni Saputra) Dalam penyemprotan disinfektan tersebut, personil Polisi dengan menggunakan kendaraan taktis seperti water Cenon, menyusuri sejumlah ruas jalan di pusat Kabupaten Pidie Penyemprotan disinfektan. (Kanal Aceh/Joni Saputra) Penyemprotan itu, meliputi jalan menuju pusat kota, jalan Prof A Majid Madjid Ibrahim, bundaran, terminal hingga jalan Tgk Chik Ditiro. Penyemprotan disinfektan. (Kanal Aceh/Joni Saputra) Selain itu, Polres Pidie juga melakukan penempelan poster maklumat Kapolri yang berisikan imbauan, untuk sementara waktu dapat meniadakan acara sosial kemasyarakatan. selanjutnya baca di www.kanalaceh.com #bandaaceh #acehbesar #acehjaya #acehbarat #naganraya #abdya #acehselatan #subulussalam #acehsingkil #pidie #pidiejaya #bireuen #acehutara #lhokseumawe #acehtimur #langsa #acehtamiang #gayolues #acehtengah #benermeriah #sabang #pidie #pidiejaya #sihli #cairankhusus #disinfectant #cegahcorona #covid_19 #corona #antisipasi #kepolisian #watercanon

A post shared by Kanal Aceh (@kanalacehcom) on

Related posts