Pengunjung yang Berkerumunan di Ulee Lheue di Rapid Test

Ilustrasi, Rapid test massal di Ulee Lheue. (ist)
--Ads--
loading...

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Tim gabungan gugus tugas Covid – 19 Aceh bersama Polresta Banda Aceh melakukan kegiatan rapid test di kawasan Pantai Ulee – Lheue, Banda Aceh, Minggu Sore (19/4).

Kabag Ops Polresta Banda Aceh, Kompol Juli Effendi mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada warga yang berada di Kota Banda Aceh yang terpapar virus corona.

“Kegiatan Rapid Tes ini dilakukan guna melakukan pengecekan apakah ada warga yang selama ini berada di Kota Banda Aceh terpapar Covid – 19, dan ini dilakukan dengan cara pengetesan darah para warga masyarakat sekaligus mensosialisasikan tentang pencegahan dan memutuskan mata rantai penyebaran virus corona di Aceh terutama dalam Kota Banda Aceh,” kata Juli Effendi.

Hanya 16 orang pengunjung yang bersedia untuk dilakukan rapid test yang dilakukan tim medis lengkap dengan Alat Pelindung Diri (APD).

Ads

Sementara itu, Ketua Bidang Preventif Tim Pakar Covid – 19 IDI Wilayah Aceh, Ihsan mengatakan, lokasi yang dipilih ini merupakan tempat berkumpulnya warga yang kurang mematuhi arahan dari IDI dalam pemakaian masker, dan menjaga jarak atau Physical Distancing.

“Banyak sekali orang tanpa gejala (OTG) saat ini di Banda Aceh, dan ini terlihat seperti biasa saja dan juga kita tidak mengetahui siapa yang sakit diantara kita dan ini merupakan target kita pada hari ini,” sebut Ikhsan.

Kemudian, pihaknya akan melakukan kegiatan ini secara berkala bekerjasama dengan Polresta Banda Aceh, unsur TNI dan Sat Pol PP Banda Aceh. [Randi/rel]

 

View this post on Instagram

 

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Seorang pasien dalam pengawasan (PDP) berinisial AI (54) dinyatakan positif corona, ia merupakan pasien yang dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sigli, Kabupaten Pidie. Informasi tersebut juga dibenarkan oleh Wakil Direktur Pelayanan Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin (RSUZA), dr. Endang. Kata dia, pihaknya baru menerima hasil swab pasien dari Balitbangkes Jakarta tadi siang. “Ia benar (pasien positif),” kata Endang saat dikonfirmasi, Minggu (19/4). Sebelumnya, pasien tersebut sudah terindikasi positif lewat rapid test. Sehingga, spesimen swab nya dikirim ke Balitbangkes Jakarta untuk diperiksa. “Dari Jakarta (hasil swab). Makanya lama keluarnya,” ujar Endang. Pasien tersebut saat ini sedang diisolasi di RS Sigli untuk penanganan lebih lanjut. “Sedang di isoladi di RSUD Sigli,” katanya. selanjutnya baca di www.kanalaceh.com #bandaaceh #acehbesar #acehjaya #acehbarat #naganraya #abdya #acehselatan #subulussalam #acehsingkil #pidie #pidiejaya #bireuen #acehutara #lhokseumawe #acehtimur #langsa #acehtamiang #gayolues #acehtengah #benermeriah #sabang #pdp #pasien #positifcorona #rzud #sigli #rapidtes #covid19 #cegahcorona #medis

A post shared by Kanal Aceh (@kanalacehcom) on

Ads