Tips Memilih Kelapa Muda yang Tepat Untuk Berbuka Puasa

kelapa muda. (ist)
--Ads--
loading...

(KANALACEH.COM)Kelapa Muda diburu untuk campuran es yang menyegarkan selama Ramadhan. Supaya tak salah, ikuti tips pilih kelapa muda berikut saat membelinya.

Kelapa muda merupakan salah satu buah yang banyak diburu saat Ramadhan tiba. Buah ini biasa dijadikan campuran es segar, seperti es buah, es sirup, es jeruk, dan lainnya.

Rasanya yang segar dapat melepaskan dahaga kala berbuka puasa. Penjual kelapa muda pun banyak tersebar di sepanjang jalan. Biasanya mereka menjualnya per buah.

Ads

Jika ingin membeli kelapa muda yang enak untuk dijadikan campuran es segar, Anda perlu memperhatikan beberapa hal penting. Mulai dari warna kulitnya, serat kelapa, hingga daging buahnya.

Berikut 4 tips pilih kelapa muda yang enak beserta resepnya yang segar.

  1. Perhatikan Warna Kulit Kelapa

Kelapa muda identik dengan warna kulitnya yang hijau. Namun tak semua kelapa muda berwarna hijau, ada juga yang berwarna agak kekuningan. Tergantung dimana kelapa muda tersebut tumbuh. Jika di pegunungan maka kelapa muda akan berwarna hijau dan jika di pesisir pantai kelapa akan berwarna kekuningan.

Namun jika Anda menginginkan kelapa muda yang baik dan enak untuk dijadikan es segar, pilihlah kelapa yang berwarna hijau. Karena kelapa muda berwarna hijau tersebut rasanya lebih nikmat. Dagingnya cukup tebal dan kandungan airnya banyak.

Jenis kelapa tersebut akan membuat es yang Anda buat lebih nikmat. Rasa daging kelapa muda pun lebih legit. Ketika ditambahkan dengan sirop atau susu kental manis pasti enak untuk berbuka puasa.

  1. Ujung Batok Kelapa

Pada buah kelapa muda yang utuh diujungnya terdapat lingkaran yang menyatu dengan tangkai. Ujung batok kelapa tersebut berperan penting dalam menentukan kelapa muda yang rasanya enak. Ujung batok kelapa tersebut menjadi tanda usia dari kelapa.

Untuk mengetahui kelapa tersebut masih muda biasanya diameter ujung batok tersebut tidak terlalu lebar. Jadi jangan memilih kelapa yang ujung batoknya sudah melebar. Karena dapat dipastikan kelapa telah berusia tua.

Tips memilih kelapa muda yang dilihat dari ujung batok ini perlu diingat. Agar tak salah lagi memilih kelapa muda yang enak. Apalagi tips berikut cukup mudah karena terlihat oleh mata.

  1. Guncangkan Kelapa

Cara memilih kelapa muda selanjutnya yaitu dengan mengguncangkan kelapa. Cara ini sering digunakan karena dapat mengira-ngira seberapa banyak isi air di dalamnya. Kandungan air pada kelapa muda membuktikan kalau kelapa tersebut enak dikonsumsi.

Saat mengguncangkan kelapa muda tersebut dekatkan ke telinga Anda. Jika terdengar suara air saat mengguncangkannya, berarti kelapa muda tersebut masih segar. Namun jika tidak terdengar suara air, berarti kondisi kelapa sudah tua karena airnya sedikit.

Tips berikut bisa dipraktekan saat Anda membelinya di penjual kelapa pinggir jalan. Jika sudah mengetahui tentang tips mengguncangkan kelapa lebih baik memilihnya sendiri. Karena banyak juga penjual kelapa yang berlaku curang dan memilihkan kondisi kelapa tua.

  1. Tepuk Kelapa

Selain mengguncangkan kelapa di dekat telinga, menepuk kelapa juga dapat Anda lakukan. Dengan menepuk kelapa tersebut Anda bisa mengetahui kelapa yang bagus melalui getaran. Jika ada getaran yang timbul di dalam kelapa berarti dagingnya bagus.

Daging kelapa muda yang bagus bisa dilihat dari teksturnya yang seperti lendir. Selain itu daging juga sangat tipis dan lembut sehingga mudah untuk disendok. Tekstur daging kelapa seperti inilah yang membuat es kelapa segar akan terasa lebih nikmat.

Sebaliknya jika Anda tidak terlalu merasakan getaran di dalam kelapa, berarti daging kelapa sudah cukup tebal dan susah untuk disendokkan. Itu berarti kelapa tersebut telah tua dan tidak akan nikmat ketika dicampurkan dalam es. [Detik]

 

View this post on Instagram

 

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Petugas gabungan yang terdiri dari Polda Aceh, TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan tenaga medis, melakukan pengawasan di perbatasan Aceh, untuk mengantisipasi lonjakan pemudik yang masuk ke Aceh. Dirlantas Polda Aceh, Kombes Pol Dicky Sondani mengatakan, untuk menjalankan instruksi Presiden Jokowi dan Plt Gubernur Aceh untuk mengawasi pemudik, pihaknya memperketat perbatasan Aceh – Sumut, di Aceh Tamiang, Aceh Singkil, Subulussalam dan Aceh Tenggara. Kemudian petugas gabungan mendirikan pos check point di setiap perbatasan. Pos itu nantinya akan mendata pendatang yang masuk ke Aceh juga pemudik. Hal itu kata Dicky, merupakan sasaran Ops Ketupat 2020. Baca: Aceh Perketat Perbatasan Karena Kasus Corona di Sumut Meningkat “Sasaran Ops Ketupat 2020 adalah, larangan mudik bagi masyarakat untuk merayakan Idul Fitri dengan menempatkan pos check point di perbatasan Aceh Sumatera Utara yaitu wilayah Aceh Tamiang, Subulussalam, Aceh Tenggara dan Singkil,” kata Dicky dalam keterangannya, Sabtu (25/4). Namun, jika ada pemudik yang tetap masuk ke Aceh, pihak Polda Aceh dan Dinas Kesehatan akan mewajibkan pasien itu untuk di karantina 14 hari, dan dilakukan uji rapid test. selanjutnya baca di www.kanalaceh.com #bandaaceh #acehbesar #acehjaya #acehbarat #naganraya #abdya #acehselatan #subulussalam #acehsingkil #pidie #pidiejaya #bireuen #acehutara #lhokseumawe #acehtimur #langsa #acehtamiang #gayolues #acehtengah #benermeriah #sabang #perbatasan #acehsumut #karantina #isolasidiri #rapidtest #polisi #keamanan #cegahcovid19 #lawancovid19

A post shared by Kanal Aceh (@kanalacehcom) on

Ads