Cegah Corona, Terminal Abdya Diminta Tutup Sementara

Terminal Abdya. (Kanal Aceh/Jimi Pratama)
--Ads--
loading...

Blangpidie ( KANALACEH.COM) – Keuchik Desa Kuta Tuha, Sudirman meminta pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) untuk sementara waktu agar menghentikan aktivitas di terminal setempat, di tengah pandemi Covid-19.

“Terminal merupakan sebuah akses persinggahan tempat naik turunnya penumpang dari luar daerah maupun yang bepergian. Namun, Pemkab Abdya belum juga menghentikan di terminal tersebut,” kata Sudirman, Sabtu (25/4).

Selain itu, Sudirman menyebutkan di tengah situasi saat ini sulit untuk untuk mengeluarkan aturan larangan mudik, kecuali Abdya.

“Saat ini terminal masih saja melayani penumpang yang dari berbagai daerah. Hal ini jelas tidak sejalan dengan peraturan yang sudah dibuat oleh pemerintah pusat tentang larangan bagi pemudik,” sebutnya.

Ads

Menurutnya, hingga saat ini Pemkab Abdya belum mengambil kebijakan untuk segera menutup dan menghentikan aktivitas keluar masuknya penumpang. “Padahal sudah terdapat warga Abdya yang diketahuai sebagai pasien dalam pengawasan (pdp),” tuturnya.

Dirinya berharap kepada tim gugus tugas covid-19 untuk dapat memantau aktivitas aktivitas terminal. Dengan tujuan memutus rantai penyebaran virus ini. [Jimi Pratama]

 

View this post on Instagram

 

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Petugas gabungan yang terdiri dari Polda Aceh, TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan tenaga medis, melakukan pengawasan di perbatasan Aceh, untuk mengantisipasi lonjakan pemudik yang masuk ke Aceh. Dirlantas Polda Aceh, Kombes Pol Dicky Sondani mengatakan, untuk menjalankan instruksi Presiden Jokowi dan Plt Gubernur Aceh untuk mengawasi pemudik, pihaknya memperketat perbatasan Aceh – Sumut, di Aceh Tamiang, Aceh Singkil, Subulussalam dan Aceh Tenggara. Kemudian petugas gabungan mendirikan pos check point di setiap perbatasan. Pos itu nantinya akan mendata pendatang yang masuk ke Aceh juga pemudik. Hal itu kata Dicky, merupakan sasaran Ops Ketupat 2020. Baca: Aceh Perketat Perbatasan Karena Kasus Corona di Sumut Meningkat “Sasaran Ops Ketupat 2020 adalah, larangan mudik bagi masyarakat untuk merayakan Idul Fitri dengan menempatkan pos check point di perbatasan Aceh Sumatera Utara yaitu wilayah Aceh Tamiang, Subulussalam, Aceh Tenggara dan Singkil,” kata Dicky dalam keterangannya, Sabtu (25/4). Namun, jika ada pemudik yang tetap masuk ke Aceh, pihak Polda Aceh dan Dinas Kesehatan akan mewajibkan pasien itu untuk di karantina 14 hari, dan dilakukan uji rapid test. selanjutnya baca di www.kanalaceh.com #bandaaceh #acehbesar #acehjaya #acehbarat #naganraya #abdya #acehselatan #subulussalam #acehsingkil #pidie #pidiejaya #bireuen #acehutara #lhokseumawe #acehtimur #langsa #acehtamiang #gayolues #acehtengah #benermeriah #sabang #perbatasan #acehsumut #karantina #isolasidiri #rapidtest #polisi #keamanan #cegahcovid19 #lawancovid19

A post shared by Kanal Aceh (@kanalacehcom) on

Ads