DPRA Desak Pemerintah Pulangkan Warga Aceh di Malaysia

Menara Petronas. Malaysia. (Kanal Aceh/Randi)
--Ads--
loading...

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Anggota DPR Aceh, Iskandar Usman Al-Farlaky meminta pemerintah memulangkan warga Aceh di Malaysia. Sebab, banyak diantara perantau asal Aceh di sana yang hidupnya terkatung-katung, karena Malaysia memberlakukan lockdown.

Iskandar mengatakan, pihaknya juga sudah menyurati Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah untuk menjemput warga dan mahasiswa Aceh yang berada di berbagai daerah di Malaysia.

Menurutnya, akibat lockdown mengakibatkan warga Aceh di Malaysia kehilangan pekerjaan. Mereka juga tidak memiliki penghasilan sama sekali.

Ads

“Karena itu mereka warga serta mahasiswa Aceh yang belajar di perguruan tinggi IIUM, UKM dan UM sangat mengharapkan dapat dipulangkan,” katanya.

Ia berharap, Pemerintah Aceh dapat membantu proses pemulangan warga dan mencari solusi alternatif. Sehingga, tak ada lagi warga Aceh di Malaysia yang pulang via jalur ilegal.

“Diharapkan Plt Gubernur Aceh untuk dapat memulangkan warga dan mahasiswa Aceh di Malaysia, yang nasibnya terkatung-katung dan bahkan ada yang sudah kelaparan,” ungkap Iskandar.

Pemerintah Aceh diminta berkonsultasi dengan DPRA untuk membahas anggaran pemulangan warga Aceh di Malaysia. “Apabila situasi nanti dapat dipulangkan harus sesuai protokol COVID-19 untuk mencegah penularan corona ke Aceh, berkoordinasi dengan KBRI dan KJRI yang ada di Malaysia serta Gugus Tugas COVID-19,” katanya. [Rino Babarot]

 

View this post on Instagram

 

Banda Aceh (KANALACEH.COM) —Pemerintah Aceh persiapkan 10 ribu paket Sembako untuk membantu meringankan beban masyarakat Aceh di Malaysia, yang terputus mata pencahariannya akibat wabah virus corona, penyebab Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), yang melanda negeri jiran tersebut. Hal itu disampaikan Juru Bicara Pemerintah Aceh, yang juga Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Aceh, Saifullah Abdulgani kepada awak media di Banda Aceh, Rabu ( 29-04-2020). Bantuan Sembako senilai RM 50 per paket itu juga menyahuti seruan bersama masyarakat Aceh di Malaysia. “Seruan tersebut antara lain meminta Pemerintah Aceh mengambil langkah tertentu agar kebutuhan darurat warga Aceh di Malaysia terpenuhi,” katanya, Rabu (29/4). Menurut SAG, penyaluran bantuan tersebut kepada masyarakat Aceh di Malaysia melalui Kedutaan Basar Indonesia di Malaysia. Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Ir.Nova Iriansyah, telah bersurat kepada Kepala BNPB selaku Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 dan Menteri Luar Negeri RI. selanjutnya baca di www.kanalaceh.com #bandaaceh #acehbesar #acehjaya #acehbarat #naganraya #abdya #acehselatan #subulussalam #acehsingkil #pidie #pidiejaya #bireuen #acehutara #lhokseumawe #acehtimur #langsa #acehtamiang #gayolues #acehtengah #benermeriah #sabang #bantuan #luarnegeri #gugustugascovid19 #relawan #warga #malaysia #paketsembakomurah #pemkoaceh #wabahcorona

A post shared by Kanal Aceh (@kanalacehcom) on