Manfaat Alpukat untuk Kesehatan

alpukat. (ist)
--Ads--
loading...

(KANALACEH.COM) – Saat bulan Ramadhan, buah alpukat termasuk salah satu buah yang digemari dan dicari. Baik dikonsumsi dalam bentuk utuh maupun dibentuk dalam bentuk jus.

Alpukat sebagai buah tentu banyak mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Mengonsumsinya secara teratur akan memberi efek yang baik untuk kesehatan. Berikut lima manfaat alpukat dirangkum dari laman Health.

Menurunkan tekanan darah
Alpukat juga merupakan sumber potasium. Potasium membantu menurunkan tekanan darah dengan bertindak sebagai diuretik alami yang membuang sisa sodium keluar dari tubuh. Dengan kata lain, ini sangat bermanfaat untuk melepaskan tekanan pada jantung dan arteri.

Ads

Membantu penyerapan nutrisi lain
Menyantap alpukat dapat membantu tubuh menyerap lebih banyak antioksidan dari makanan sehat lainnya. Studi yang baru-baru ini dilakukan menemukan bahwa memadukan alpukat dengan saus tomat dan wortel bisa meningkatkan penyerapan vitamin A yang terdapat di sayur-sayuran.

Membantu menurunkan berat badan
Banyak orang yang menganggap bahwa memakan makanan berlemak akan menyebabkan kegemukan. Padahal, memakan jenis lemak yang tepat justru bisa membantu menurunkan berat badan. Lemak yang berasal dari tanaman seperti alpukat bahkab mengandung zat antioksidan serta membantu memerangi inflamasi, dimana keduanya ini dikaitkan dengan pengelolaan berat badan.

Berefek mengenyangkan
Alpukat mengandung sekitar 22 gram lemak baik. Memakan lemak baik membantu memperlambat kekosongan perut. Artinya, mengonsumsi alpukat akan memberi efek mengenyangkan yang cukup lama. Dalam sebuah ditemukan, setengah buah yang ditambahkan ke dalam menu makanan dapat menurunkan keinginan untuk makan kembali selama lima jam kedepan.

Menurunkan risiko penyakit jantung
Asam lemak tak jenuh tunggal atau MUFA yang terkandung di dalam alpukat dapat memangkas kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Ini berarti alpukat bisa menurunkan risiko penyakit jantung, pembunuh nomor 1 baik pria maupun perempuan. [republika]