Tiga Mobil dan 11 Rumah Tersapu Banjir Bandang di Aceh Tengah

Banjir di Paya Tumpi, Aceh Tengah. (ist)
--Ads--
loading...

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Intensitas hujan yang tinggi di Kabupaten Aceh Tengah mengakibatkan terjadinya banjir bandang di tiga desa di Kecamatan Kebayakan dan Bebesan, pada Rabu sore (13/5).

Akibatnya 11 rumah dan tiga unit mobil ikut tersapu banjir yang bercampur material longsor di wilayah itu. Bupati Aceh Tengah, Shabella Abubakar mengatakan, banjir tersebut masih terjadi hingga kini.

Dia bilang semua warga yang berada di Desa Paya Tumpi sudah diungsikan untuk menghindari terjadinya banjir bandang susulan. Mengingat hujan masih terus mengguyur Aceh Tengah.

Ads

“Secara kasat mata ada tiga mobil dan 11 rumah yang tersapu di tiga titik. Kita sudah ingatkan agar warga sekitar untuk mengungsi,” kata Shabella.

Kini pihaknya sudah menyiapkan segela keperluan di pengungsian, mulai dari mendirikan dapur umum dan menyiapkan alat berat untuk membersihkan material longsor yang terbawa banjir.

“Ini belum terdata secara keseluruhan, kita masih fokus untuk pembersihan dan lokasi pengungsian sudah kita sediakan,” ujarnya.

loading...

Laporan sementara dari Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) ada tiga titik yang paling parah terdampak banjir bandang yang melanda kawasan Kebayakan. Namun, hingga kini belum ada ditemukan korban jiwa dalam musibah ini.

Saat ini hujan dengan intensitas tinggi masih berlangsung, yang juga berdampak longsor di ruas jalan Takengon, Aceh Tengah-Bireuen, yang mengakibatkan lumpuhnya transportasi. Longsor itu juga mengakibatkan kemacetan panjang di kawasan tersebut, baik dari arah Takengon maupun sebaliknya. [Randi]

Ads