Sudah 13 Pasien Positif Corona di Aceh Sembuh, Sisa 3 Kasus

ODP Bertambah 7 Kasus, Usai Pemantauan 1.537 Orang
Juru Bicara Covid-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani. (ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) —Satu lagi pasien positif virus corona (Covid-19) asal Aceh Tamiang, berinisial MF (16 tahun) dinyatakan sembuh dari corona.

Kesembuhan Santriwan Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Fatah Temboro, Magetan, Jawa Timur, itu diketahui dari hasil uji swab MF terakhir yang diterima kemarin malam.

“Bidang Penanganan Kesehatan, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Aceh, menerima hasil analisa laboratorium, Balai Litbangkes Aceh, Lambaro, Aceh Besar, menjelang magrib, kemarin,” ujar Jubir Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani atau yang akrab disapa SAG, Rabu (13/5).

Ia menjelaskan, MF dirujuk ke RSUZA Banda Aceh dari RSU Aceh Tamiang pada 24 Maret 2020, karena rapid test-nya reaktif dan ada gejala pneumonia. Tim Medis RSUZA melakukan tindakan lebih lanjut seperti rontgen thorax, juga swab cairan tenggorokan dan cairan hidungnya untuk analisa laboratorium.

Hasil pemeriksaan dengan sistem Real Time-Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) di Balai Litbangkes Aceh, ternyata negatif. Diambil swab berikutnya pada 30 April 2020. Hasilnya ke luar pada 03 Mai 2020 dan MF konfirmasi positif Covid-19. Perawatannya diteruskan di Ruang Rawat Isolasi Pinere RSUZA Banda Aceh.

“Alhamdulillah, MF sudah sembuh dan dijemput oleh Tim Kesehatan Gugus Tugas Covid-19 Pemkab Aceh Tamiang, dan semua warga Aceh Tamiang dari klaster Temboro, Magetan, Jawa Timur, sudah sembuh dari Cobvid-19,” kata SAG.

Selanjutnya dia menjelaskan perkembangan terakhir percepatan penanganan Covid-19 di Aceh. Jumlah kasus Covid-19 secara kumulatif di seluruh Aceh hingga tanggal 13 Mei 2020, pukul 15 WIB, sudah 13 orang sudah sembuh—termasuk MF, 1 orang meninggal pada Maret 2020, 3 orang dalam perawatan rumah sakit.

“Pasien konfirmasi positif Covid-19 dalam perawatan rumah sakit rujukan sebanyak 3 orang tersebut, termasuk dua pasien yang dirujuk dari RSU Simeulue dan tiba di RSUZA Banda Aceh hari ini” katanya. [Randi]

Related posts