Di Aceh Singkil, Siswa Masuk Sekolah Bergilir Saat Pandemi Corona

Ilustrasi, Siswa di Aceh Singkil. (Kanal Aceh/Khadafi)
--Ads--
loading...

Aceh Singkil (KANALACEH.COM) – Meski pandemi virus corona belum usai, sebagian sekolah di Aceh Singkil sudah kembali memulai aktifitas kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Namun kegiatan belajar yang dilakukan belum normal seperti biasa, melainkan masih sebatas menghadirkan siswa bergantian datang ke sekolah.

Sekolah tersebut diantaranya SD Sikontang di Kecamatan Simpang Kanan dan SMP 3 Gunung Meriah.

Ads

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Singkil Khalillulah mengatakan, sejak pertengahan ramadhan sejumlah Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama mulai menggelar Kegiatan Belajar Mengajar di sekolah.

“Ada sejumlah sekolah yang melakukan tatap muka dan menghadirkan siswa bergantian ke sekolah diantaranya SD Sikontang dan SMP 3 Gunung Meriah, sementara SMP 1 dan SD 1 Singkil tetap menggunakan metode dalam jaringan (Daring),” katanya.

Hal ini dilakukan mengingat selama pandemi virus corona, sekolah diliburkan dan siswa diberikan tugas oleh guru agar belajar dirumah. “Guru dapat menerapkan metode belajar daring, luring maupun kombinasi dari keduanya,” kata dia.

Mengingat Aceh Singkil masih dalam zona hijau virus corona, diberikan kebijakan sekolah untuk menyesuaikan teknis pembelajaran.

“Artinya boleh menghadirkan siswa ke sekolah, namun dengan jumlah yang terbatas dan tetap mengacu kepada SOP selama pencegahan Covid-19, berlaku di lembaga pendidikan maupun sarana umum,” tambah Khalil.

Sementara untuk penerimaan siswa baru, sudah diperbolehkan dengan sistem online melalui aplikasi WhatsApp. “Untuk penerimaan siswa baru melalui WhatsApp, sementara rilis Kemendikbud, bulan Juli nanti kemungkinan sekolah sudah mulai masuk,” pungkas Khalil. [Khadafi]