Ratusan Personel Polresta Banda Aceh Jalani Rapid Test

(ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Ratusan personel Polresta Banda Aceh mengikuti rapid test corona (Covid-19). Rapid test ini dilakukan oleh Gugus Tugas Kota Banda Aceh, atas permintaan kepolisian.

Rapid test ini diikuti oleh 300 personel kepolisian Polresta Banda Aceh di bidang operasional, pelayanan dan Bhabinkamtibmas.

Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Trisno Riyanto mengatakan, rapid test hari ini polisi yang bertugas sebagai garda terdepan.

“Saat ini kami bekerjasama dengan Kadis Kesehatan Kota Banda Aceh melaksanakan kegiatan Rapid test dalam rangka screaning awal, karena para petugas kita merupakan garda terdepan yang sangat rentan berhubungan langsung dengan seluruh masyarakat,” kata Kapolresta didampingi Kabag Ops Kompol Juli Effendi, Rabu (3/6).

Menurutnya, polisi sangat rentan terpapar virus corona. Sehingga pihaknya melakukan koordinasi dengan Kadis Kesehatan Kota Banda Aceh, agar melakukan rapid tes terhadap personel Polresta.

Trisno mengatakan, hasil rapid test untuk 300 personel itu dengan hasil Negatif setelah didatakan oleh tim gugus tugas Kota Banda Aceh dibawah Dinas Kesehatan. Rapid test ini digelar sebagai langkah pencegahan penyebaran virus Corona.

Selain itu, Trisno juga mengatakan bahwa hari ini juga dilakukan pengecekan suhu tubuh dan rapid test terhadap para tahanan. “Sebanyak 37 penghuni sel tahanan Polresta Banda Aceh dilakukan rapid test dan cek suhu tubuh dalam rangka pencegahan terjangkitnya virus corona,” kata Kapolresta.

Plt. Kadis Kesehatan Kota Banda Aceh, Media Yulizar mengatakan rapid test dilakukan terhadap aparat kepolisian karena rentan terpapar virus Corona. Polisi, menurutnya, rentan terpapar Corona karena banyak beraktivitas dan bertemu secara langsung dengan warga meski di tengah pandemi.

“Ini sebagai langkah antisipasi kita karena bagaimana pun Polri sebagai juga tugas terdepan dalam hal melakukan kegiatan-kegiatan pencegahan penyebaran COVID-19 dan rentan tertular COVID-19. Maka perlu di-rapid test,” ucap Media Yulizar. [Randi/rel]

 

View this post on Instagram

 

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Tim Falakiyah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh memperkirakan, 2 fenomena gerhana akan melintasi Aceh pada bulan Juni 2020. Ahli Falakiyah Kanwil Kemenag Aceh, Alfirdaus Putra mengatakan, pada Sabtu, 6 Juni dinihari gerhana bulan penumbra akan melintasi seluruh wilayah Aceh. Gerhana bulan penumbra diperkirakan terlihat mulai pukul 00.45 WIB, kemudian mencapai puncaknya pada pukul 02.24 WIB dan berakhir pada pukul 04.04 WIB Kemudian, pada Minggu, 21 Juni mendatang akan terjadi gerhana matahari parsial di seluruh wilayah di Indonesia, termasuk Aceh. Gerhana matahari parsial terlihat di Aceh mulai pukul 13.18.09 WIB, kemudian puncak parsial pada pukul 14.35.21 WIB, dan akhir gerhana parsial terjadi pukul 15.42.21 WIB. Gerhana matahari parsial akan terjadi selama 2 jam 24 menit dengan besaran piringan bulan yang akan menutupi matahari 12 persen. “Untuk wilayah Indonesia akan terjadi gerhana matahari parsial atau gerhana matahari sebahagian, tetapi untuk wilayah Afrika bagian utara, Asia Barat dan Asia Tengah akan dilewati oleh gerhana matahari cincin seperti yang pernah terjadi di pulau Simeulue 26 Desember tahun lalu,” katanya. Ia menjelaskan, gerhana bulan tidak dapat dilihat dengan mata telanjang, hanya dapat dipantau dengan teleskop astronomi. Sedangkan, gerhana matahari parsial dapat dilihat dengan mata telanjang menggunakan pengaman seperti filter ND5, kacamata gerhana dan kaca film. “Kanwil Kemenag Aceh akan melakukan pengamatan gerhana bulan dan matahari parsial di halaman Kanwil. Pengamatan dilakukan secara tertutup, serta tetap menjalankan protokol kesehatan,” ujarnya. “Bagi masyarakat yang ingin menyaksikan jalannya pemantauannya gerhana parsial dapat mengakses langsung channel youtube Kanwil Kemenag Aceh,” kata Firdaus lagi. Selengkapnya klik di www.kanalaceh.com atau swipe story #bandaaceh #acehbesar #acehjaya #acehbarat #naganraya #abdya #acehselatan #subulussalam #acehsingkil #pidie #pidiejaya #bireuen #acehutara #lhokseumawe #acehtimur #langsa #acehtamiang #gayolues #acehtengah #benermeriah #sabang #gerhana #duagerhana #gerhanaparsial #kemenag #teleskop #gerhanabulanpenumbra #juni

A post shared by Kanal Aceh (@kanalacehcom) on

Related posts