Kuala Gabi, Lokasi Wisata Hits di Aceh Singkil

Kuala Gabi, Aceh Singkil. (ist)
--Ads--
loading...

Aceh Singkil (KANALACEH.COM) – Tempat wisata Kuala Gabi mendadak viral di media sosial setelah banyak warganet yang membagikan foto yang memperlihatkan pesona pemandangan alamnya.

Kemudian yang menjadi daya tariknya ialah lokasi pantai disertai hamparan rerumputan dan pohon pinus yang rindang. Dilokasi juga bisa jadi spot memancing, untuk menarik pengunjung.

Lokasi wisata ini berada tak jauh dari pusat kota Singkil. Bermodalkan 10 ribu rupiah dengan menaiki perahu dari pelabuhan tradisional di Pulo Sarok, lebih kurang 5 menit sudah sampai di lokasi.

Ads

Bagi pengunjung dari luar kota Singkil, akses menuju lokasi wisata Kuala Gabi bisa dijangkau dengan arahan google maps dan cukup terkenal oleh masyarakat sekitar.

Pasca ditutupnya lokasi wisata di Kabupaten Aceh Singkil akibat pandemi virus corona, masyarakat mencoba mencari tempat baru hanya untuk sekedar berkumpul bersama atau makan bersama.

Segerombol pemuda dari Desa Pulo Sarok-lah yang menyulap dari semak belukar menjadi lokasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Azwir bercerita, mulanya mengelola Kuala Gabi ini dari sekedar cerita iseng bersama temannya tentang potensi sumber daya alam di tempat tinggalnya.

Tercetuslah ide mengelola Kuala Gabi sebagai objek wisata. Mengingat selama ini  pemuda rata-rata berkeinginan menjadi seorang abdi negara, PNS, TNI ataupun Polisi atau sekedar menjadi seorang nelayan seperti kebanyakan orang tua di desanya.

“Kami melihat potensi Kuala Gabi ini dapat menjadi salah satu yang bisa dijadikan sebagai mata pencaharian baru,” ungkap Azwir, Sabtu (6/6).

Pengunjung disini kata Azwir dapat berswafoto dengan alam yang disuguhkan atau hanya sekedar berkumpul menghabiskan akhir pekan bersama keluarga.

Azwir berharap apa yang dilakukan bersama teman-temannya dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat di desanya.

Terlebih saat ini beberapa lokasi wisata di tutup lantaran sedang dalam pandemi virus corona. Sembari menuju era new normal, Azwir bersama teman-teman terus berinovasi mempercantik objek wisata Kuala Gabi.

loading...

Terakhir ia berpesan kepada pengunjung yang datang, agar menjaga kebersihan bersama demi keindahan Kuala Gabi. [Khadafi]

 

View this post on Instagram

 

Jakarta (KANALACEH.COM) – Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Daryono, mengatakan masyarakat di sekitar Kota Banda Aceh perlu mewaspadai peningkatan seismisitas sesar aktif di Segmen Aceh. “Hasil monitoring gempa BMKG selama Mei 2020 di wilayah sekitar Banda Aceh ini sudah tampak menunjukkan adanya kluster peningkatan aktivitas seismisitas yang aktif,” kata Daryono dalam keterangannya di Jakarta seperti dilansir laman Antara, Sabtu (6/6) Sebelumnya pada Kamis (4/6) pagi terjadi gempa Aceh dan Sabang bermagnitudo 4,9 yang berdampak merusak belasan bangunan dan beberapa orang luka ringan di Sabang. Hasil monitoring BMKG hingga Sabtu (6/6) siang menunjukkan aktivitas gempa susulan yang terjadi sebanyak 23 kali. Magnitudo gempa susulan terbesar magnitudo 3,8 dan terkecil bermagnitudo 2,5. Tren gempa susulan yang terjadi tampak terus melemah kekuatannya. Daryono menjelaskan, daratan Aceh merupakan salah satu kawasan aktif gempa di Indonesia. Lokasi Kota Banda Aceh diapit oleh dua segmen sesar aktif, yaitu Segmen Aceh dan Segmen Seulimeum. Ke arah selatan, dua segmen sesar aktif ini selanjutnya bertemu dan membentuk Segmen Tripa. Selengkapnya klik di www.kanalaceh.com atau swipe story #bandaaceh #acehbesar #acehjaya #acehbarat #naganraya #abdya #acehselatan #subulussalam #acehsingkil #pidie #pidiejaya #bireuen #acehutara #lhokseumawe #acehtimur #langsa #acehtamiang #gayolues #acehtengah #benermeriah #sabang #gempa #gempabumi #gempasabang #bencanaalam #sesar #bmkg #waspada #segmensesaraktif #sekmentripa

A post shared by Kanal Aceh (@kanalacehcom) on

Ads