Kuala Gabi, Lokasi Wisata Hits di Aceh Singkil

Kuala Gabi, Aceh Singkil. (ist)

Aceh Singkil (KANALACEH.COM) – Tempat wisata Kuala Gabi mendadak viral di media sosial setelah banyak warganet yang membagikan foto yang memperlihatkan pesona pemandangan alamnya.

Kemudian yang menjadi daya tariknya ialah lokasi pantai disertai hamparan rerumputan dan pohon pinus yang rindang. Dilokasi juga bisa jadi spot memancing, untuk menarik pengunjung.

Lokasi wisata ini berada tak jauh dari pusat kota Singkil. Bermodalkan 10 ribu rupiah dengan menaiki perahu dari pelabuhan tradisional di Pulo Sarok, lebih kurang 5 menit sudah sampai di lokasi.

Bagi pengunjung dari luar kota Singkil, akses menuju lokasi wisata Kuala Gabi bisa dijangkau dengan arahan google maps dan cukup terkenal oleh masyarakat sekitar.

Pasca ditutupnya lokasi wisata di Kabupaten Aceh Singkil akibat pandemi virus corona, masyarakat mencoba mencari tempat baru hanya untuk sekedar berkumpul bersama atau makan bersama.

Segerombol pemuda dari Desa Pulo Sarok-lah yang menyulap dari semak belukar menjadi lokasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Azwir bercerita, mulanya mengelola Kuala Gabi ini dari sekedar cerita iseng bersama temannya tentang potensi sumber daya alam di tempat tinggalnya.

Tercetuslah ide mengelola Kuala Gabi sebagai objek wisata. Mengingat selama ini  pemuda rata-rata berkeinginan menjadi seorang abdi negara, PNS, TNI ataupun Polisi atau sekedar menjadi seorang nelayan seperti kebanyakan orang tua di desanya.

“Kami melihat potensi Kuala Gabi ini dapat menjadi salah satu yang bisa dijadikan sebagai mata pencaharian baru,” ungkap Azwir, Sabtu (6/6).

Pengunjung disini kata Azwir dapat berswafoto dengan alam yang disuguhkan atau hanya sekedar berkumpul menghabiskan akhir pekan bersama keluarga.

Azwir berharap apa yang dilakukan bersama teman-temannya dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat di desanya.

Terlebih saat ini beberapa lokasi wisata di tutup lantaran sedang dalam pandemi virus corona. Sembari menuju era new normal, Azwir bersama teman-teman terus berinovasi mempercantik objek wisata Kuala Gabi.

Terakhir ia berpesan kepada pengunjung yang datang, agar menjaga kebersihan bersama demi keindahan Kuala Gabi.

Selain Kuala Gabi, wisatawan juga bisa berkunjung ke Pantai Pulo Sarok yang tidak jauh dari lokasi. Apalagi aksesnya cukup mudah untuk dijangkau. Jaraknya bahkan hanya 300 meter dari Kuala Gabi.

Jika pengunjung juga bosan dengan tempat itu, pelabuhan CPO yang belum berfungsi dan tak jauh dari danau itu bisa anda kunjungi, jika ingin menikmati matahari tenggelam secara langsung. Awaluddin, warga sekitar menyebutkan, ketiga lokasi itu sering dikunjungi warga dan selalu ramai menjelang sore.

Kata dia, rata-rata pengunjung Danau Belibis dimanfaatkan oleh mereka yang rekreasi bersama keluarga. Sedangkan pantai Pulo Sarok dan Pelabuhan CPO banyak dikunjungi oleh kaula muda. Untuk masuk ketempat ini, pengunjung tidak dikenakan biaya sepersenpun alias gratis.

“Setiap sore ramai. Apalagi musim liburan, tempat ini penuh. Bahkan yang ingin naik perahu-perahu di danau itu mengantri,” katanya beberapa waktu lalu.

Namun, dari segala keindahannya, di pinggir Danau Belibis masih banyak sampah yang berserakan. Apalagi tempat sampah tidak terlihat dilokasi wisata tersebut.

[Khadafi]

Related posts