25 Santri Dapat Beasiswa Baitul Mal Aceh Singkil

Kepala Baitul Mal Aceh Singkil Ali Sadikin Pinto. (Knaal Aceh/Khadafi)

Aceh Singkil (KANALACEH.COM) – Baitul Mal Aceh Singkil berikan beasiswa kepada 25 santri yang hendak mondok di Pesantren Babussalam Batukorong Kecamatan Simpang Kanan.

Kepala Baitul Mal Aceh Singkil Ali Sadikin Pinto mengatakan, beasiswa akan dprioritaskan bagi santri dengan kriteria pandai membaca al-qur’an, dari keluarga kurang mampu, yatim piatu dan dari keluarga mualaf.

“Pada hari ini dilakukan seleksi terhadap 47 pendaftar, karena hanya 25 saja yang diterima,” kata Ali Sadikin, Kamis (25/6).

Ke-25 santri ini akan mendapat subsidi dari Baitul Mal berupa uang makan sebesar 400 ribu dan uang jajan sebesar 20 ribu selama setahun.

Dengan pandemi virus corona cukup mempengaruhi penerimaan zakat dan infak dari muzakki yang ada di Kabupaten Aceh Singkil sehingga hanya satu pesantren yang mendapat subsidi tersebut.

“Sesuai kesepakatan Dewan Syariah, mengingat Pesantren Batukorong belum pernah mendapat subsidi ini, sementara tahun sebelumnya Pesantren Safinatussalamah, Darul Mutaalimin, Darul Mahabbah dan Al-Muhtadin itu sudah pernah,”

Sementara untuk pesantren lainnya yang belum tersentuh subsidi ini, maka akan diprogramkan untuk tahun yang akan datang. [Khadafi]

 

View this post on Instagram

 

Aceh Utara (KANALACEH.COM) – Warga Lancok, Kecamatan Syamtalira Bayu, Aceh Utara menarik kapal yang terombang-ambing dari perairan setempat ke bibir pantai Lancok. Mereka ibah melihat pengungsi Rohingya yang berada di atas kapal dengan kondisi hujan dan petir. bahkan warga juga mengumpulkan uang untuk membeli makanan bagi pengungsi Rohingya tersebut. ⠀ Kepala Desa Lancok, Nasruddin mengatakan, pengungsi Rohingya tersebut akan ditempatkan di bibir pantai untuk sementara waktu, hingga adanya keputusan dari pemerintah daerah. ⠀ “Sementara ya ditempatkan disini sebelum ada keputusan, ya mereka akan diperiksa (kesehatannya),” kata Nasruddin, Kamis (25/6). ⠀ Kepala Kantor SAR Banda Aceh Budiono mengatakan, pihaknya dan warga terpaksa mengevakuasi pengungsi Rohingya dari laut ke darat karena alasan kemanusiaan. ⠀ “Ini bagian dari kemanusiaan, kita memindahkan manusia dalam keadaan darurat ke tempat yang lebih aman,” kata Budiono kepada wartawan. [Randi] #rohingya #myanmar #sea #aceh

A post shared by Kanal Aceh (@kanalacehcom) on

Related posts