Warga Aceh Utara Turunkan Pengungsi Rohingya ke Darat Karena Merasa Ibah

Ilustrasi, Warga tarik kapal Rohingya ke darat. (ist)

Aceh Utara (KANALACEH.COM) – Warga Lancok, Kecamatan Syamtalira Bayu, Aceh Utara menarik kapal yang terombang-ambing dari perairan setempat ke bibir pantai Lancok.

Mereka ibah melihat pengungsi Rohingya yang berada di atas kapal dengan kondisi hujan dan petir. bahkan warga juga mengumpulkan uang untuk membeli makanan bagi pengungsi Rohingya tersebut.

Kepala Desa Lancok, Nasruddin mengatakan, pengungsi Rohingya tersebut akan ditempatkan di bibir pantai untuk sementara waktu, hingga adanya keputusan dari pemerintah daerah.

“Sementara ya ditempatkan disini sebelum ada keputusan, ya mereka akan diperiksa (kesehatannya),” kata Nasruddin, Kamis (25/6).

Kepala Kantor SAR Banda Aceh Budiono mengatakan, pihaknya dan warga terpaksa mengevakuasi pengungsi Rohingya dari laut ke darat karena alasan kemanusiaan.

“Ini bagian dari kemanusiaan, kita memindahkan manusia dalam keadaan darurat ke tempat yang lebih aman,” kata Budiono kepada wartawan. [Randi]

 

View this post on Instagram

 

Kapal pengangkut 94 pengungsi Rohingya masuk ke perairan Aceh Utara pada Rabu (24/6). Kapal mereka hanya terpaut 4 mil dari pesisir pantai Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara. ⠀ Pengungsi Rohingya itu pertama kali ditemukan oleh nelayan setempat. Saat itu para nelayan menemukan kapal barang yang hampir tenggelam. Lalu mendekatinya, dan menemukan ada sekitar 94 warga Rohingya di dalamnya. Yang terdiri dari 25 pria dan 69 wanita. ⠀ Kemudian mereka dievakuasi menuju Kuala Tanah Jambo Aye, Kecamatan Seunuddon, Aceh Utara, dan belum diberikan izin untuk sandar ke darat. Mereka hanya terpaut 4 mil dari bibir pantai. ⠀ Kapolsek Seunuddon Iptu M Jamil mengatakan, kapal yang mengangkut WNA itu pertama kali terlihat pada Senin (21/6) sore. Lalu ditarik oleh nelayan dan masuk ke pesisir Aceh Utara pada Rabu siang tadi. ⠀ “Kapal itu awalnya dilihat nelayan hampir tenggelam, sehingga nelayan kita membantu untuk mengevakuasi, jumlahnya sekitar 94 orang,” kata M Jamil. . . Video: Polres Aceh Utara . . #rohingya #malaysia #myanmar #aceh #humanity #international #Acehutara

A post shared by Kanal Aceh (@kanalacehcom) on

Related posts