9 Hektare Lahan di Aceh Terbakar

Lahan terbakar di Aceh. (Foto: BPBA)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Seluas 9,5 hektare lahan terbakar di dua wilayah di daerah Aceh. Masing-masing, 2,5 hektare di Aceh Selatan dan 7 hektare di Nagan Raya.

Informasi yang diperoleh dari Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), kebakaran lahan di Nagan Raya terjadi di dua titik. Yaitu di Desa Krueng Itam 5 hektare dan Desa Alue Siron 2 hektare.

Kepala BPBA, Sunawardi mengatakan, BPBD Nagan Raya sudah mengerahkan mengerahkan 10 unit pompa gendong dan 1 unit mesin pompa, ke lokasi kejadian untuk melakukan pemadaman.

Kondisi terkahir,  untuk wilayah Desa Alue Siron, api sudah berhasil dipadamkan. Sedangkan untuk wilayah Desa Krueng Itam, api sudah dapat dipadamkan, akan tetapi kumpalan asap masih ada.

Upaya penanganan, kata dia juga menyulitkan petugas dan terkendala oleh terbatasnya sumber air, lahan yang terbakar adalah lahan gambut, dan arah angin yang berubah-ubah.

“Kebakaran itu berawal dari informasi masyarkat. Namun, penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan,” kata Sunawardi dalam keterangannya, Kamis (2/7).

Sementara itu, di Aceh Selatan, kebakaran lahan terjadi di Kecamatan Trumon seluas 1 hektare dan Bakongan 1,5 hektare. Untuk kondisi terakhir, api sudah dapat dipadamkan oleh Satgas Dalkarhutla sehingga tidak merambat ke lahan lainnya. [Randi]

Related posts