Dilantik Jadi Kakanwil Kemenag Aceh, Iqbal Janji Berantas Pungli di KUA

(ist)
--Ads--
loading...

BANDA ACEH (popularitas.com) – Menteri Agama RI Fachrul Razi melantik Iqbal sebagai Kepala Kanwil Kemenag Aceh pada Jumat (10/7). Usai dilantik, ia akan membenahi beberapa hal di Kanwil Kemenag Aceh, salah satunya dugaan adanya pungli di Kantor Urusan Agama di Aceh.

Pihaknya juga akan melakukan kroscek ke lapangan. Ia menduga, bisa saja proses pungli itu terjadi di luar KUA tapi mengatasnamakan kepala KUA.

“Menyangkut pungli kita juga harus kroscek ke lapangan. Belum tentu pungli itu dilakukan oleh kepala KUA bisa jadi pengambilan itu oleh masyarakat oleh aparat gampong, bisa jadi mengatasnamakan kepala KUA,” kata Iqbal kepada wartawan usai dilantik.

Ads

Jika ada petugas KUA yang melakukan pungli tersebut, pihaknya akan melakukan pembinaan hingga sanksi.

“Kalau pun nanti KUA yang melakukan pasti nanti akan dilakukan pembinaan bahkan kalau terbukti ada konsekuensi yang diberikan,” katanya.

Selain itu, ia juga akan meningkatkan dan membenahi administrasi kepegawaian di lingkungan Kanwil Kemenag Aceh. Kemudian membenahi soal pembinaan keagamaan dan kerukunan umat beragama di Aceh. Ia menginginkan kegamaan di Tanah Rencong sesuai dengan visi misi Menteri Agama Fachrul Razi.

“Kita menginginkan sesuai dengan visi menteri agama untuk mewujudkan masyarakat Aceh yang Islami dan berakhlakul karimah,” jelasnya.

Selain itu, Iqbal juga akan membenahi bidang ibadah haji, zakat dan wakaf. Sehingga, informasi maupun pelaksanaan tentang tiga hal tersebut dapat terlaksana dengan baik.

“Kemudian peningkatan pendidikan madrasah termasuk peningkatan kompentensi guru dan lembaga pendidikan madrasah itu sendiri,” kata dia.

Terkait dengan informasi kekosongan di sejumlah KUA di Aceh, Iqbal mengaku akan mengecek kembali apakah benar atau tidak. Jika benar, maka pihaknya akan membenahinya. [Randi]