Pemkot Subulussalam Usulkan ke DPRA Jalan Penghubung ke Aceh Tenggara

Tim Pansus DPRA berkunjung ke Sabang. (ist)

Subulussalam (KANALACEH.COM) – Pemerintah Kota Subulussalam mengusulkan sejumlah pembangunan kepada tim pansus DPRA, saat berkunjung ke wilayah ‘sada kata’ tersebut.

Sejumlah usulan itu yakni, pembangunan jalan gelombang – Muara Situlen yang menghubungkan antara Subulussalam dengan kabupaten Aceh Tenggara, melanjutkan pembangunan Gedung MPU Subulussalam, Jalan Suak Jampak, pembangunan kanal Sungai Lae Souraya.

Selanjutnya, pembangunan jembatan Baitul Makmur-Siperkas, jembatan penyeberangan Sikelang, jembatan Bakal Buah-Lae Simolap dan gedung FKUB serta penyelesaian sejumlah masalah sengketa lahan antara perusahaan perkebunan dan masyarakat di kota Subulussalam.

“Kami sangat berharap bantuan dari rekan-rekan DPRA Dapil IX untuk mewujudkan jalan tembus Gelombang-Muara Situlen,” kata Affan Alfian Bintang di hadapan Wakil Ketua DPRA Safaruddin, dan sejumlah anggota DPRA lainnya.

Bintang berharap DPRA bisa memperjuangkan program program pembangunan di kota Subulussalam seperti jalan tembus Gelombang-Muara Situlen guna mempersingkat jarak Kota Subulussalam menuju Aceh Tenggara.

“Saat ini kita sedang penyempurnaan pembangunan Masjid Agung dengan dilengkapi menara masjid, taman bermain dan media center, agar terlihat lebih indah dan menjadi ikon Kota Subulussalam. Ini membutuhkan dana yang cukup besar,” ucap Bintang.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua DPRA Safaruddin mengatakan, pihaknya akan memperjuangkan usulan masyarakat kota Subulussalam.

“Kita akan perjuangkan usulan pembangunan untuk kota Subulussalam, di DPRA, kita juga ada Forbes Barsela yang nantinya akan berupaya agar bisa mengambil dana APBA 30 sampai dengan 40 persen untuk Barsela Aceh,” kata Safaruddin.

Tim Pansus DPRA Dapil IX meliputi Abdya, Aceh Selatan, Kota Subulussalam dan Aceh Singkil yakni Safaruddin Wakil Ketua DPRA (Gerindra) H. Teuku Sama Indra (Demokrat), Safrijal (PNA), H. Attarmizi Hamid (PPP), Irpannusir (PAN), Hendri Yono (PKPI), Hj. Sartina (Golkar), Hj. Asmidar (PA) dan Tgk H. Syarifuddin (PKB)

Tim Pansus tersebut juga meninjau beberapa bangunan yang telah dibangun dari dana APBA di Subulussalam, termasuk meninjau bangunan Gedung MPU,  SMA N 1 Simpang Kiri dan beberapa bangunan lainnya. [Satria Tumangger]

Related posts