Banjir Rob Terjang Aceh Barat, 54 Rumah Terdampak

Banjir Rob Terjang Aceh Barat. (ist)
--Ads--
loading...

Aceh Barat (KANALACEH.COM) – Sebanyak 54 rumah di Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat diterjang banjir rob, yang terjadi pada Sabtu (11/7). Rumah tersebut mengalami rusak ringan hingga parah.

Adapun lokasi rumah yang terdampak tersebar di Gampong Pasir, Gampong Belakang, Gampong Suak Inrapuri, Ujung Kalak dan Suak Ribe.

Bencana alam tersebut juga menyebabkan 1.641 jiwa atau 437 kepala keluarga yang ikut terdampak rendaman banjir yang disebabkan oleh pasang air laut itu.

Ads

Peristiwa itu membuat 38 rumah terendam, 2 rumah rusak berat, 26 rusak ringan dan 14 rusak sedang.

Sedangkan warga yang terdampak musibah ini, tersebar di empat desa masing-masing di Desa Pasir sebanyak 512 jiwa atau 121 kepala keluarga, Desa Kampung Belakang sebanyak 450 jiwa atau 120 kepala keluarga, Desa Suak Indrapuri sebanyak 317 jiwa atau 98 kepala keluarga, Desa Ujong Kalak sebanyak 362 jiwa atau 98 kepala keluarga.

Pihak BPBD setempat juga sudah mengecek rumah warga yang terkena luapan air laut, kemudian mengevakuasi warga yang tinggal di pinggir laut dan dibawa ke posko darurat BPBD setempat.

“Situasi terkini, Air banjir Rob masih mengenangi rumah warga dan jalan,” kata Kepala BPBA, Sunawardi dalam keterangannya. [Randi]