Satgas COVID-19: 80 Persen Pasien Corona Adalah OTG

Doni Monardo. (tempo)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Ketua Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan 80 persen pasien yang terkonfirmasi atau positif virus coronaadalah mereka yang tidak memiliki gejala alias OTG (orang tanpa gejala).

“Hari ini kita dengar dari banyak daerah, 80 persen rata-rata mereka yang terkonfirmasi positif adalah OTG,” kata Doni saat menggelar konferensi pers di Kementerian BUMN, Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa, 20 Juli 2020.

Kata dia, para penderita Covid-19 ini kebanyakan tak mengalami keluhan fisik. Mereka bahkan tidak demam, batuk, pilek yang menjadi gejala umum terpapar Covid-19 dan harus menjalani perawatan di rumah sakit.

Meski tak ada gejala apapun, tetapi saat dilakukan pemeriksaan, orang-orang ini justru positif terinfeksi Covid-19.

“Setelah diperiksa mereka terpapar Covid-19,” kata dia.

Untuk itu, atas banyaknya warga yang terpapar Covid namun tanpa keluhan apapun, Doni mengaku akan terus melakukan koordinasi dengan semua pihak. Sebab banyaknya kasus OTG justru semakin berbahaya lantaran orang sakit dengan tanpa gejala ini bebas menularkan virus ke orang sehat.

Oleh karena itu Doni memastikan satgas akan terus berkoordinasi dengan semua pihak, baik dari segi kesehatan maupun ekonomi. Sebab jangan sampai ada yang tertular tetapi juga jangan sampai ada yang terkena PHK.

“Ini lah langkah-langkah yang harus kita koordinasikan, kami dari gugus tugas merupakan bagian yang tak terpisahkan, kita harus aman Covid tapi tetap produktif. Oleh karenanya kita tidak boleh terpapar Covid, tapi kita juga tidak boleh terpapar PHK,” katanya.  [CNN]

Related posts