Dua Dokter Asal Aceh Singkil Positif Corona, 80 Orang yang Pernah Kontak di Tes Swab

Ilustrasi, Tes swab. (ist)

Aceh Singkil (KANALACEH.COM) – Dua orang dokter Aceh Singkil bertastus Orang Tanpa Gejala (OTG) diketahui terkonfirmasi positif virus corona di Banda Aceh, Kamis (6/8).

Mereka adalah RK (32) warga Desa Pulo Sarok yang bertugas di Puskesmas Singkil dan AG (32) tercatat tinggal di Gunung Meriah, bertugas di RSUD Aceh Singkil.

Kedua dokter tersebut saat ini dikabarkan menjalani isolasi mandiri di tempat masing-masing dan belum dirujuk ke rumah sakit, mengingat status keduanya OTG.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Aceh Singkil, dr. Darul Amani saat konferensi pers Kamis (6/8) malam mengatakan, keduanya saat ini sedang menempuh pendidikan spesialis di Banda Aceh.

Keduanya diketahui positif corona setelah dilakukan swab test saat masuk ke fakultas pada 4 Agustus, esoknya langsung diketahui hasilnya.

Sebelumnya RK sempat pulang kampung pada saat hari raya Idul Adha, sementara G sempat pulang kampung untuk mengambil berkas.

“Mengingat mereka sempat pulang kampung, jadi tindak lanjut kita disini, akan dilakukan trecking terhadap siapa saja yang kontak erat dengan keduanya,” katanya.

Selanjutnya mereka yang kontak erat dengan kedua dokter tersebut, akan diupayakan dilakukan swab test baik dari pihak keluarga maupun sejawat dokter yang berhubungan.

“Sebelum hasilnya keluar, mereka akan diisolasi mandiri sampai hasilnya swabnya keluar,” ungkapnya.

Dari trecking, kata Darul sampai saat ini ada 80 orang terdata untuk dilakukan uji swab. Terdiri dari 21 orang masyarakat dan 59 petugas rumah sakit. Hasil swab akan dikirim ke Lab Unsyiah Banda Aceh dan akan diketahui dua sampai tiga hari mendatang.

Terhadap 21 orang yang di uji swab, agar melakukan isolasi mandiri dirumah sampai hasil swab keluar.

Sementara untuk 59 petugas rumah sakit yang di uji swab, tetap bertugas dan menjalankan protokol kesehatan.

“Untuk sementara polly gigi dan polly bedah di RSUD ditutup,” kata Darul.

Diketahui isteri RK juga bekerja di RSUD dan sempat kontak erat, untuk itu kata Darul akan dilakukan swab terhadapnya. Apabila hasilnya positif, maka istri RK akan ditracing.

Terhadap Puskesmas Singkil dan rumah RK serta tempat yang dikunjunginya akan dilakukan penyemprotan disinfektan.

Darul menghimbau kepada masyarakat Aceh Singkil supaya tidak resah dan tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menjaga jarak, mengenakan masker di luar rumah dan rajin mencuci tangan. (Khadafi)

Related posts